Bupati Solok minta masyarakat tetap jaga persatuan setelah pilwana usai

id Gusmal,berita solok,berita sumbar

Bupati Solok minta masyarakat tetap jaga persatuan setelah pilwana usai

Bupati Solok, Gusmal saat mengikuti syukuran Wali Nagari Cupak, Kamis. (foto humas)

Arosuka, (ANTARA) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal meminta masyarakat untuk tetap menjaga persatuan pasca-pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak di daerah itu.

"Dengan telah dilantiknya Wali Nagari terpilih menjadi akhir dari pesta demokrasi yang dilakukan secara serentak di 54 Nagari di Kabupaten Solok," kata Bupati Solok, Gusmal saat syukuran Wali Nagari Cupak, di Balai Adat Cupak, Kamis.

Gusmal menyebutkan dalam pemilihan Wali Nagari yang dilakukan pada 28 September 2019 lalu ada perbedaan pilihan dan dukungan di masyarakat, namun hal tersebut menjadi dinamika yang lumrah.

"Kita harus berlapang dada menerima hasil Pilwana, saatnya kembali menyatukan tekad untuk membangun nagari secara bersama-sama," ujarnya.

Bupati berpesan agar Wali Nagari Cupak terpilih, Fatmi Bahar untuk merangkul semua pihak. Wali Nagari merupakan pemimpin seluruh masyarakat di nagari, bukan untuk kelompok atau golongan.

"Wali nagari harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, jalankan pemerintahan dengan baik dan sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada. Jalin sinergitas dengan semua elemen," ujarnya.

Sementara itu, Wali Nagari Cupak, Fatmi Bahar mengaku akan menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan transparan dengan mengutamakan kepentingan nagari.

"Tentunya, kami sangat membutuhkan saran dan kritikan yang sifatnya membangun untuk kemajuan nagari, baik yang ada di kampung maupun di perantauan," sebutnya.

Ketua KAN Cupak, Witra Maison mengatakan

amanah yang ditumpangkan oleh masyarakat Nagari Cupak kepada Wali Nagari terpilih, diharapkan dapat menjadi motivasi untuk kepemimpinan yang baik Wali Nagari kedepannya.

"Kami mengharapkan adanya transparansi di dalam pemerintahan nagari sebagai momen perubahan pemerintahan yang lebih baik," ujarnya.

Ia menyebutkan sebagai wujud dukungan kepada wali nagari, pihaknya akan selalu melakukan pemantauan terhadap pemerintahan nagari. (*)