BKKBN Sumbar targetkan raih Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

id BKKBN Sumbar, Padang

BKKBN Sumbar targetkan raih Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Etna Estelita (tengah) berkomitmen raih Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dengan penandatangan Pakta Integritas di Padang, Kamis (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Sumatera Barat menargetkan raih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi 2020.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Etna Estelita di Padang, mengatakan saat ini baru dua kantor BKKBN yang mendapatkan itu yakni BKKBN Jawa Timur dan Bangka Belitung

Ia mengatakan sebagai mantan Kepala BKKBN Bangka Belitung dirinya akan membawa pengalaman itu ke Sumbar dan berupaya menjadikan BKKBN Sumbar meraih penghargaan dari Kementerian PAN RB tersebut

Menurut dia hal itu dimulai dengan penandatanganan dan pakta integritas dalam 100 hari kerja.

Menurut dia dengan penandatanganan kontrak kinerja dengan semua unsur yang ada di BKKBN Sumbar agar target ini dapat tercapai dengan perencanaan yang matang.

Ia mengatakan dengan kontrak kinerja, maka semua orang tahu akan apa yang akan yang dikerjakan dan bisa pula meningkatkan etos kerja.

"Pakta integritas berlaku untuk semua, karena semua lini saling mendukung satu sama lain," katanya

Ia mengatakan hal ini dimulai dengan tidak diperbolehkan menerima cenderamata dalam acara pisah sambut beberapa waktu lalu.

Selain itu kontrak kinerja mewajibkan ada transparansi, sehingga bisa diketahui semua pihak.

"Kita akan sosialisasikan ini, salah satunya nanti dalam acara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) - KB- Kesehatan pada Februari mendatang," kata dia

Ia mengatakan dalam mewujudkan hal itu akan ada penerapan sanksi bagi yang melanggar dan penghargaan bagi yang berprestasi.

Untuk yang melanggar akan diberikan teguran tertulis dan yang bersangkutan bisa dikenakan penangguhan kenaikan pangkat dan lainnya.

"Sementara yang berprestasi akan diberikan penghargaan berupa sertifikat dan lainnya," ujarnya.

Sementara Pakta integritas yang ditandatangani para pejabat dan pegawai BKKBN berisikan sejumlah perjanjian dari karyawan mulai dari berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela.

Selain itu tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainnya yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku .

Terakhir mampu bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar