Emas turun usai raih harga tertinggi dua minggu

id harga emas,emas berjangka,pasar spot, bursa Comex

Emas turun usai raih harga tertinggi dua minggu

Emas batangan. ANTARA

New York (ANTARA) - Emas turun sekitar satu persen pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah bergerak fluktuatif karena investor merealisasikan keuntungan setelah harga mencapai tertinggi dua minggu di awal sesi, meskipun kerugian dibatasi oleh penurunan ekuitas karena kekhawatiran tentang wabah virus di China .

Logam mulia memangkas kerugian dan naik kembali di atas level 1.550 dolar AS, didukung oleh lingkungan suku bunga rendah dan ketegangan geopolitik yang masih ada.

Harga spot emas turun 0,2 persen menjadi 1,558.60 dolar AS per ounce pada pukul 1:40 sore waktu setempat (18.40 GMT), setelah mencapai level tertinggi sejak 8 Januari di 1.568,35 pada awal perdagangan.

Sementara emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup lebih rendah karena ditekan oleh penjualan teknis investor.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari turun 2,4 dolar AS atau 0,15 persen, menjadi ditutup pada 1557,9 dolar AS per ounce. Emas naik 10 dolar di sesi sebelumnya.

"Kami telah memiliki periode kinerja yang cukup baik untuk emas dan kami memberikan kembali sebagian dari itu," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities, menambahkan emas kemungkinan akan bertahan dalam kisaran yang cukup ketat di sekitar level 1.550 dolar AS untuk saat ini.

“Saya belum pernah mendengar berita apa pun yang menyarankan bahwa ini (penurunan emas) adalah semacam rangkaian perkembangan fundamental yang permanen dan struktural. Ini lebih merupakan penyesuaian terhadap penurunan karena alasan teknis. "

Aset safe-haven emas batangan mendapat dukungan karena pasar saham global merosot akibat meningkatnya kekhawatiran tentang jenis baru virus korona di China.

Emas batangab naik lebih dari enam persen sejak 6 Desember. Pada 8 Januari, emas batangan menembus batas 1.600 dolar AS untuk pertama kalinya dalam hampir tujuh tahun terakhir karena meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran.

“Struktur bullish dalam emas belum berubah. Emas harus menembus di bawah 1.450 dolar AS untuk mengubah tren itu," kata Michael Matousek, kepala pedagang di Investor Global AS, menambahkan emas akan didukung oleh Federal Reserve AS yang menjaga suku bunga stabil dan meningkatnya pembelian oleh bank sentral.

Fokus sekarang cenderung beralih ke The Fed karena yang akan menggelar pertemuan kebijakan pertama tahun ini pada 28-29 Januari. Suku bunga yang lebih tinggi mengangkat potensi kerugian memegang eamsa yang tidak memberikan imbal hasil.

Di tempat lain, paladium turun 4% menjadi $ 2.400,12, ditetapkan untuk menandai penurunan persentase harian terbesar dalam sebulan. Harga telah mencapai puncak rekor baru $ 2.582,19 pada hari Senin.

Di pasar spot perak turun 1,3 persen menjadi 17,83 dolar AS, sedangkan platinum turun 1,1 persen menjadi 1.004,17 per ounce.

Sementara di pasar berjangka, perak untuk pengiriman Maret kehilangan 26,5 sen atau 1,47 persen, menjadi ditutup pada 17,808 dolar AS per ounce. Platinum untuk penyerahan April turun 17,3 dolar AS,atau 1,69 persen, menjadi menetap di 1.007,5 dolar AS per ounce.