Virus korona baru mewabah di Wuhan, empat orang meninggal

id kasus pneumonia,virus korona,Wuhan,China

Virus korona baru mewabah di Wuhan, empat orang meninggal

Para petugas medis sedang memindahkan seorang pasien di rumah sakit Jinyintan, tempat orang-orang pengidap pneumonia yang disebabkan virus korona baru dirawat, di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (20/1/2020). ANTARA/REUTERS/Stringer/tm.

Shanghai (ANTARA) - Otoritas kesehatan China pada Selasa mengatakan orang keempat yang terinfeksi pneumonia meninggal di pusat Kota Wuhan di China, setelah virus korona baru mewabah.

Orang keempat itu, pria berusia 89 tahun, mengalami beberapa gejala pada 13 Januari dan dirawat di rumah sakit lima hari kemudian setelah sangat sulit bernapas, kata Komisi Kesehatan Kota melalui pernyataan. Pria tersebut meninggal pada 19 Januari.

Komisi mengungkapkan bahwa sang pasien juga memiliki riwayat penyakit seperti hipertensi, diabetes dan jantung koroner.

Dalam pernyataan terpisah yang diunggah di akun resmi Weibo miliknya, Komisi Kesehatan Wuhan menyebutkan 15 petugas medis di kota tersebut sudah didiagnosis mengidap pneumonia dengan dugaan satu kasus lainnya. Dari petugas yang terinfeksi, satu orang berada dalam kondisi kritis, tambahnya.

Wabah yang berasal dari Wuhan tersebut menyebar ke banyak kota di China, termasuk ibu kota, Beijing, dan Shanghai dengan empat kasus dilaporkan berada di luar China, yakni di Korea Selatan, Thailand serta Jepang.

Hingga Senin (20/1) pukul 18.00 waktu setempat, menurut laporan TV pemerintah, otoritas menyebutkan ada total 217 kasus virus baru di China, yang 198 di antaranya berada di Wuhan.

Sumber: Reuters