Bupati Pasaman Barat : penataan arsip untuk melestarikan masa lalu dan menyediakan akses di masa depan

id Pentingnya kelola arsip,berita padang, berita sumbar,arsip

Bupati Pasaman Barat : penataan arsip untuk melestarikan masa lalu dan menyediakan akses di masa depan

Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam rangka melihat pengelolaan arsip. (Antara/istimewa)

Simpang Empat,- (ANTARA) - Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat, Yulianto menekankan pentingnya penataan arsip untuk melestarikan masa lalu dan menyediakan akses di masa depan.

"Jangan sepelekan arsip karena keberadaannya sangat penting. Perhatian terhadap arsip sangat penting," ucapnya di Simpang Empat, Sabtu.

Untuk memastikan terkolalanya penyimpanan arsip, Bupati langsung mendatangi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat.

"Pasaman Barat baru berusia 16 tahun sejak dimekarkan dari Kabupaten Pasaman. Tentu arsip berupa dokumen penting harus tetap terjaga," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Sutriati mengatakan salah satu arsip Organisasi Perangkat Daerah yang sudah disimpan yakni Dinas Kehutanan, karena dinas tersebut saat ini sudah tidak ada lagi.

Selain arsip OPD, pihaknya juga menyimpan arsip statis yakni arsip yang mengandung nilai sejarah seperti jembatan gantung Ujung Gading, sebanyak 400 berkas dan sejumlah arsip penting lainnya.

Pihaknya menyarakan agar OPD mengolah arsip sendiri dalam bentuk box.

"Kalau sudah 10 tahun arsip OPD dalam bentuk box tersebut akan kita simpan. OPD wajib menyerahkan arsip yang sudah dikelola sesuai dengan UU kearsipan," tegasnya.

Ia meminta semua pihak sadar akan pentingnya arsip. Sebab, dengan tersusun dan tersimpannya arsip dengan baik akan memudahkan nantinya melihat sejarah dan peristiwa penting di masa lampau.

"Untuk generasi kita dimasa depan akan memiliki literatur melalui arsip mengenai daerah dan peristiwa penting di daerahnya," katanya.