Wali Nagari terpilih Pilwana 2019 Solok dilantik Senin pekan depan

id pilwana solok,pilwana serentak,kabupaten solok

Wali Nagari terpilih Pilwana 2019 Solok dilantik Senin pekan depan

Sekda Kabupaten Solok, Aswirman (paling kanan) saat memimpin rapat persiapan pelantikan wali nagari beberapa waktu yang lalu. (ANTARA/HO-Humas Solok)

​​​​​​​Arosuka (ANTARA) - Sebanyak 54 Wali Nagari terpilih dalam Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak 2019 akan dilantik Senin besok, pada 20 Januari 2020.

Selain 54 wali nagari terpilih, pelantikan yang akan diikuti satu orang Pengganti Antar Waktu (PAW) Wali Nagari Panyakalan, Kecamatan Kubung.

"Total ada 55 Wali Nagari yang akan dilantik Senin besok di Sport Hall Batu Tupang," kata Sekda Kabupaten Solok, Aswirman di Arosuka, Jumat.

Menurutnya, jika tidak ada hambatan, pelantikan akan langsung dilakukan Bupati Solok, Gusmal. Pelantikan Wali Nagari terpilih menandakan usainya Pilwana serentak tahun 2019 di Kabupaten Solok.

"Sejauh ini persiapan pelantikan wali nagari sudah hampir siap," ujarnya.

Sekda mengimbau masyarakat dan dinas terkait untuk menyukseskan pelaksanaan pelantikan wali nagari dengan menjaga keamanan dan ketertiban.

"Karena Pilwana telah selesai masyarakat hendaknya kembali bersatu dan mendukung program yang akan dijalankan wali nagari terpilih nantinya," ujarnya.

Ia berharap wali nagari yang baru dan masyarakat akan bahu-membahu membantu pembangunan di nagarinya masing-masing sehingga membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Solok, Feris Novel mengatakan PAW Wali Nagari Panyakalan dilakukan lantaran Wali Nagari sebelumnya mengundurkan diri.

"Wali Nagari sebelumnya, Irwan Sastra Eka Putra mengundurkan diri sebab lolos sebagai CPNS formasi Kemenag dan ditempatkan di Tanah Datar," ujarnya.

Untuk penggantinya, akan dilantik Agus Evatra yang dipilih melalui musyawarah PAW yang dilakukan di tingkat nagari sesuai dengan mekanisme yang ada.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar