Tahun ini, Kabupaten Solok akan berangkatkan189 Jamaah Calon Haji

id Alizar Chan,kemenag kabupaten solok,solok terkini,berita solok,berita sumbar

Tahun ini, Kabupaten Solok akan berangkatkan189 Jamaah Calon Haji

Kepala Kemenag Kabupaten Solok Alizar Chan memberikan arahan pada jamaah calon haji 2020 di Koto Baru, Kamis. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (ANTARA) - Sebanyak 189 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Solok, Sumatera Barat akan diberangkatkan pada musimhaji 2020.

"Jumlah ini berdasarkan estimasi yang telah ditetapkan pusat untuk Kabupaten Solok," kata Kepala Kemenag Kabupaten Solok, Alizar Chan di Arosuka, Kamis.

Ia menyebutkan dari 189 JCH itu, sebanyak 64 orang dari Kecamatan Kubung, 19 orang dari Kecamatan X Koto Singkarak, 16 orang dari Kecamatan Bukit Sundi, 23 orang dari Kecamatan Lembah Gumanti.

Kemudian 29 orang dari Kecamatan Gunung Talang, 10 orang dari Kecamatan X koto Diatas, 18 orang dari Kecamatan Hiliran Gumanti, sembilan orang dari Kecamatan Pantai Cermin, dua orang Kecamatan Danau Kembar, dan 10 orang dari Kecamatan Junjung Siriah.

Ia menyampaikan untuk penerbitan paspor dan visa, setiap calon jamaah diwajibkan untuk memenuhi persyaratan administrasi seperti KTP, KK, akte kelahiran, ijazah dan surat nikah.

Kemudian pembinaan manasik mandiri yang dilaksanakan oleh KBIH yang ada di Kabupaten Solok dan telah memiliki izin operasional dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar.

"Pembinaan manasik haji akan dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan dengan delapan kali pertemuan di kecamatan dan dua kali di kabupaten," ujarnya.

Selain itu, setiap JCH wajib mendapatkan istita’ah kesehatan dari tim kesehatan haji Kabupaten Solok sebelum melakukan pelunasan BPIH.

Pelaksanaan tes kesehatan dilakukan di puskesmas dan RSUD terdekat. Selain itu juga wajib melaksanakan tes kebugaran haji minimal dua kali.

Sementara Bupati Solok Gusmaldiwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Mulyadi Marcosmenyampaikan ucapan selamat kepada JCH yang telah masuk daftar akan diberangkatkan tahun ini.

Jamaah diminta dapat mengikuti bimbingan dengan baik dan serius, serta selalu menjaga kesehatan dan berkonsultasi dengan tim kesehatan maupun rumah sakit apabila merasa kurang sehat.

Ia berpesan agar para jamaah terus memperdalam pengetahuan terkait proses pelaksanaan haji, baik secara pribadi ataupun mengikuti kajian.

Kegiatan itu dihadiri Kasubag Administrasi Pembinaan Mental dan Spiritual Bagian Kesra Edmizal, KUA se-Kabupaten Solok, Pimpinan KBIH setempat, Perwakilan Bank terkait, serta Jamaah Calon Haji Kabupaten Solok. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar