Unand latih UMKM binaan manajemen keuangan, ini targetnya

id berita padang, berita sumbar, pelatihan UMKM, Universitas Andalas padang, unand, UMKM binaan unand

Unand latih UMKM binaan manajemen keuangan, ini targetnya

Seminar ilmu tentang manajemen keuangan guna meningkatkan kemampuan dan skala usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Unand.(Antara/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang melatih Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ilmu tentang manajemen keuangan guna meningkatkan kemampuan dan skala usaha.

"Peran UMKM dalam meningkatkan ekonomi daerah cukup kuat karena berperan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi oleh sebab itu Unand terus membekali dengan beragam keterampilan teknis agar bisa lebih berkembang," kata Koordinator Pelatihan UMKM binaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unand Yessy Andriani di Padang, Kamis.

Menurut dia UMKM di Sumbar tumbuh cukup pesat namun ada sejumlah kendala dihadapi sehingga menjadi penghambat untuk lebih berkembang.

Misalnya tidak memiliki pengetahuan tentang manajemen dan laporan keuangan sehingga untuk berkembang sulit, ujarnya.

Ia menyampaikan laporan keuangan tidak hanya untuk melihat laba rugi usaha namun juga perkembangan usaha dari waktu ke waktu apakah bertumbuh atau tidak.

Kemudian laporan keuangan juga menjadi syarat untuk usaha bisa dibiayai oleh perbankan, kata dia.

Yesy menilai dengan kondisi tersebut Unand berinisiatif untuk memberikan dukungan bagi pengelola UKM agar bisa lebih berkembang.

Usai dilakukan pelatihan manajemen keuangan standar pihaknya akan melanjutkan dengan bagaimana membuat laporan keuangan tingkat lanjut.

Sementara Ketua LPPM Unand Uyung Gatot mengatakan saat ini pihaknya terus berupaya menjadikan Unand sebagai tambang inovasi yang hasilnya bisa digunakan untuk pengembangan UKM.

"Jika dulu sumber-sumber perekonomian adalah tambang emas, besi, minyak maka di era sekarang tambang inovasi menjadi sesuatu yang lebih strategis," kata dia.

Ia mengatakan melalui inovasi yang dihadirkan pada dosen Unand pihaknya akan terus memberikan dukungan bagi pelaku UKM sehingga bisa berdaya saing. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar