Unand tingkatkan kerja sama komersialisasi dengan mitra berbadan hukum

id berita padang, berita sumbar, UMKM, Unand, pengembangan UMKM, universitas andalas padang, Unand padang

Unand tingkatkan kerja sama komersialisasi dengan mitra berbadan hukum

Peningkatan kerja sama komersialisasi dengan mitra badan hukum sebagai upaya pengembangan kewirausahaan bagi UMKM binaan Unand. (Antara/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang meningkatkan kerja sama komersialisasi dengan mitra badan hukum sebagai upaya pengembangan kewirausahaan bagi UMKM binaan.

"Kerja sama komersialisasi dilakukan dengan Transmart, CV Global Inovasi Solution bergerak di industri 4.0, Artindo Perkasa bergerak di pengolahan pupuk, dan perusahaan pengelolaan kopi," kata Koordinator Kerja Sama Komersialisasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unand Muhammad Makky di Padang, Kamis.

Menurut dia kerja sama bertujuan menghubungkan pelaku UKM di Sumbar dengan mitra yang memiliki kemampuan untuk memasarkan.

"Dengan bekerja sama dengan Transmart pelaku UKM binaan Unand diharapkan bisa mengakses jaringan ritel tersebut di seluruh Indonesia untuk memasarkan produknya," kata dia.

Ia berharap mitra usaha yang dibina Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unand bisa mengakses pasar yang selama ini belum terbuka.

"Dengan melakukan komersialisasi usaha melalui e-comerce akses pasar akan menjadi lebih luas," kata dia.

Makky melihat kelemahan UKM di Sumbar adalah ketiadaan sumber daya untuk mengaudit laporan keuangan sehingga tidak bisa melaporkan berapa penghasilan, pajak yang dibayar yang akhirnya terkendala untuk mengakses NPWP.

"Karena tidak mengakses NPWP akhirnya tidak bayar pajak dan sulit mengakses perbankan," ujarnya.

Pada sisi lain seiring kemajuan teknologi saat ini ia menyarankan pelaku UKM bisa memasarkan produk menggunakan platform media sosial.

Dengan demikian dunia usaha di Sumbar bisa bergerak lebih maju dan bisa bersaing dengan kompetitor dari luar negeri, kata dia.

Ia mengatakan dengan keterbukaan informasi perusahaan kecil bisa berkompetisi dengan perusahaan besar saat ini secara terbuka.

Tindak lanjut dari kerja sama ini membantu para pelaku usaha untuk mendapatkan legalitas.

Jika ada yang belum memiliki izin akan difasilitasi mulai dari izin produk rumah tangga, sertifikat halal, hingga bantuan pendanaan,kata dia.

Tidak hanya itu UKM akan dibantu mendapatkan merek dagang agar bisa mengakses dunia retail.

Ia berharap 135 mitra UKM binaan Unandmampu memperluas pasar dan meningkatkan perekonomian Sumbar. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar