Agam dapat kucuran Rp9,5 miliar bangun gedung layanan pustaka daerah

id pustaka daerah,agam

Agam dapat kucuran Rp9,5 miliar bangun gedung layanan pustaka daerah

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, M Arsyid. (ANTARA/ Yusrizal)

​​​​​​​Lubukbasung, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mendapatkan kucuran dana Rp9,5 miliar dari pemerintah pusat untuk membangun gedung layanan pustaka daerah pada 2020.

Kepala Dinas Arsip Perpustakaan Agam, Muhammad Arsyid di Lubukbasung, Selasa, mengatakan dana Rp9,5 miliar itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020 yang diusulkan pada 2019.

Ia mengatakan, di Sumbar hanya Agam dan Pesisir Selatan yang mendapatkan DAK untuk pembangunan gedung layanan pustaka daerah pada 2020.

Gedung layanan pustaka daerah itu bakal dibangun di lokasi rumah dinas wakil bupati.

Pembangunan gedung memiliki dua lantai itu bakal dilakukan pada awal 2020, karena sedang membuat perencanaan dan rancangan anggaran belanja oleh Dinas Pekerjaan dan Tata Ruang Agam.

"Setelah ini selesai maka pembangunan gedung layanan pustaka daerah bakal dilelang dan kita mengusahakan lelang dulakukan dalam waktu dekat," katanya didampingi Kabid Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam, Alwisral Imam Zaidallah.

Ia menambahkan, DAK itu didapat setelah pihaknya mengajukan satu unit mobil pustaka keliling ke Pustaka Nasional pada 2019.

Pihak Pustaka Nasional menyarankan agar yang mengajukan itu langsung dilakukan bupati dan bupati langsung ke Pustaka Nasional.

Saat itu Kepala Pustaka Nasional langsung meminta kesiapan bupati terkait pembangunan gedung layanan pustaka daerah.

"Bupati menyampaikan kesiapan untuk menyediakan lokasi gedung layanan pustaka daerah dan berkas lainnya, sehingga tahun ini dialokasikan dananya," katanya.

Pustaka daerah Agam memiliki 25.563 eksemplar buku dengan 8.868 judul.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar