Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Solok Selatan dimulai, berikut lokasinya

id Rumah Sakit Pratama,Solok Selatan,Dinkes Solok Selatan

Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Solok Selatan dimulai, berikut lokasinya

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman. (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat sudah memulai tahapan pembangunan rumah sakit pratama (RSP) bantuan dari Kementerian Kesehatan RI senilai Rp80 miliar.

"Proses pembangunan RSP di sudah dimulai dimana tahapan lelang perencanaannya telah selesai dan sudah ada pemenangnya dan dijadwalkan Februari 2020 telah selesai gambar konstruksinya," kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman di Padang Aro, Selasa.

Setelah gambar konstruksi ini selesai, katanya, kemungkinan pertengahan Maret 2020 sudah memasuki lelang fisik.

Pembangunan RSP tipe D di Solok Selatan direncanakan di Nagari Lubuk Malako, Sangir Jujuan dan diproyeksikan menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk layanan kesehatan masyarakat di tiga kecamatan.

Tiga Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo dan Sangir Batang Hari dimana di wilayah itu terdapat lima Puskesmas.

Dengan demikian, katanya rumah sakit ini akan menjadi rujukan bagi Puskesmas Abai, Bidar Alam, Talunan, Mercu dan Lubuk Ulang Aling.

Dia menjelaskan, anggaran Rp80 miliar tidak diturunkan sekaligus dan untuk tahap awal dialokasikan senilai Rp42 miliar untuk bangunan fisik Rp26 miliar dan aisanya pengadaan alat kesehatan.

"kalau pembangunan cepat selesai kemungkinan dana tahap dua bisa langsung diturunkan tergantung sisa waktu yang tersedia," ujarnya.

Keberadaan RSP sendiri tambah Novirman, nantinya difungsikan sebagai akses layanan masyarakat untuk tiga kecamatan. Yakni,

Keberadaan rumah sakit ini katanya, selain memudahkan akses layanan masyarakat juga akan membuka peluang lapangan kerja.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar