Reinier : kualitas tenaga pendidik Paud harus ditingkatkan

id Paud, Reinier ,solok

Reinier : kualitas tenaga pendidik Paud harus ditingkatkan

Wakil Wali Kota Solok, Reinier saat meresmikan Paud Bundo Kanduang di Solok, Senin. (ANTARA/HO-Humas Solok)

Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Reinier mengatakan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik pendidikan anak usia dini (Paud) harus ditingkatkan karena Paud merupakan dasar seorang anak dalam memperoleh pengajaran dan tauladan.

Wakil Wali Kota Solok Reinier, di Solok, Senin menyebutkan keberhasilan Paud tidak terlepas dari peran pendidik Paud mengingat tugasnya dalam mengasuh, merawat, mendidik dan melindungi anak sejak di usia Balita.

"Untuk itu kualitas guru Paud merupakan salah satu kunci dalam pembentukan karakter anak ke depannya," ujarnya.

Paud adalah jenjang pendidikan yang sangat penting dalam mempersiapkan anak untuk mengikuti pendidikan dasar, oleh karena itu pendidiknya perlu disiapkan secara baik.

Hal tersebut disampaikan Reinier saat meresmikan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Cinto Bundo, bertempat di RT 01/RW 01, Kelurahan Pasar Pandan Air Mati (PPA), Senin.

Reinier mengharapkan pendidik Paud dapat berusaha mengikuti tuntutan kebutuhan dan perkembangan zaman, sehingga keberadaannya benar-benar dapat memberikan layanan Paud yang bermutu bagi masyarakat.

Lalu ia juga mengapresiasi pemilik yang telah mempersiapkan kehadiran Paud Cinto Bundo sebagai salah satu tempat pendidikan dasar anak yang baru.

"Mudah-mudahan Paud ini melengkapi 52 Paud yang ada di Kota Solok menjadi yang ke 53. Kami berharap ini menjadi sarana untuk mendidik anak sejak dini dan akan lebih siap lagi melanjutkan pembinaan-pembinaan dimasa yang akan datang," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Efriyon Coneng menyebutkan anak usia di bawah lima tahun masih sangat rentan dalam menerima pembelajaran, sehingga dibutuhkan kualitas pendidikan yang mumpuni untuk pendidikan dasar.

Ia juga meminta Pemerintah Kota Solok untuk berkomitmen mendampingi pendidik Paud meningkatkan kualifikasi pendidikannya.

"Kami juga berpesan kepada para pendidik paud untuk meningkatkan kompetensi agar dapat mendidik peserta didik dengan baik karena 31 tahun yang akan datang kita berharap akan terwujud generasi emas," katanya.

Salah satu langkah yang harus diterapkan Kota Solok untuk mendongkrak kualitas pendidikan yakni sistem pendidikan di sekolah formal dan pondok pesantren dipadukan, guru juga harus terlibat dalam sistem berbasis pesantren, tetapi harus memiliki ilmu dan pengetahuan keagamaan untuk menjadi guru.

Sehingga dalam menjalankan proses pembelajaran, seluruh guru mampu mengendalikan siswa serta membentuk karakter dasar siswa. Sebab, pendidikan bukan hanya unsur akademik, guru juga harus paham masalah adat, budaya, dan tentunya agama.

"Kami juga ingin mengembangkan Paud berbasis pesantren dalam rangka membentuk akhlak anak kita mulai dari usia dini," katanya.