Kajati Sumbar tegaskan tingkatkan pengawasan maksimal praktik korupsi

id Kajati, Sumbar

Kajati Sumbar tegaskan tingkatkan pengawasan maksimal praktik korupsi

Kajati Sumbar Amran (kanan) saat menerima kunjungan dari Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, di Kantor Kejati Sumbar pada Kamis (9/1). (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat menyatakan pihaknya akan melakukan pengawasan maksimal untuk tindak pidana kasus korupsi di daerah setempat.

"Sebagai pejabat baru saya telah instruksikan kepada jajaran untuk melakukan pengawasan maksimal terhadap tindak pidana korupsi, mulai dari pencegahan maupun penindakan" kata Kajati Sumbar Amran, di Padang, Sabtu.

Penanganan makasimal terhadap kasus korupsi menjadi fokus dalam tiga bulan awal masa jabatannya, terhitung sejak ia dilantik sebagai Kajati Sumbar pada akhir Desember.

"Tiga bulan ini kami fokus bekerja keras untuk menciptakan kondisi agar Sumbar bebas dari korupsi melalui pencegahan," katanya.

Strategi pencegahan dilakukan dengan menyebarkan budaya serta pendidikan anti korupsi secara luas.

"Upaya ini juga akan digerakkan oleh seluruh Kejari yang ada di Sumbar," katanya.

Namun, lanjutnya, apabila ditemukan indikasi penyimpangan serta merugikan negara akan dilakukan penindakan tegas.

Ia menyebutkan telah memerintahkan seluruh Kajari, Kelala Seksi Intelijen, dan Kasi Pidana Khusus agar menginventarisir permasalahan yang terindikasi menyimpang serta merugikan keuangan negara di daerah masing-masing.

"Setiap hari saya pantau laporan dari Kasi Intel, serta Kasi Pidsus Kejari untuk memastikan kinerja berjalan dengan maksimal," tegasnya.

Amran juga mengimbau masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pemberantasan tindak pidana korupsi di daerah setempat.

Selain penanganan korupsi, Kejati juga akan memperkuat tim Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) untuk mengawal Pilkada 2020 di provinsi setempat.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar