Tinggal beberapa bulan lagi, Legislator minta Pemkab Padangpariaman kebut persiapan lokasi Penas Tani

id DPRD Sumbar, Penas Tani,Padang Pariaman

Tinggal beberapa bulan lagi, Legislator minta Pemkab Padangpariaman kebut persiapan lokasi Penas Tani

Komisi V DPRD Sumatera Barat mengunjungi lokasi Penas KTNA 2020 di Kabupaten Padangpariaman (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Ketua Komisi II DPRD Sumatera Barat Arkadius meminta Pemkab Padang Pariaman kebut persiapan lokasi Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) 2020 di Sungai Buluah, Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padangpariaman karena waktu pelaksanaan semakin dekat.

"Dalam kunjungan terungkap masih banyak pekerjaan yang mesti dikebut," kata dia di Padang, Sabtu

Ia mengatakan lokasi pembukaan yang berada di kawasan Asrama Haji Padangpariaman ini baru dilakukan pembersihan rumput.

Sementara itu 28 haktare lahan pertanian yang telah dipinjam masyarakat untuk pelaksanaan iven nasional ini masih belum dibersihkan.

Seperti bekas tanaman jagung masih belum dibersihkan, rumpun pisang yang ada di lahan pertanian warga itu masih ada hingga saat ini

”Jangan saling menunggu, ini iven nasional membawa nama Sumbar jadi kita mesti bergerak cepat," kata dia.

Ia mengatakan pelaksanaan Penas KTNA tinggal beberapa bulan lagi yakni pada Juni 2020.

Menurut dia harus ada progres yang jelas dalam persiapan kegiatan Seperti kapan lahan untuk ekspo teknologi pertanian selesai, pembuatan kolam ikan dan lainnya.

Ia mengatakan ada rencana pembuatan kolam menggunakan media terpal. Menurut dia hal ini kurang tepat, karena tidak sesuai dengan ekosistem sebenarnya.

"Jadi ini yang harus direncanakan dengan matang," kata dia.

Selain itu pembuatan kandang sapi yang memang betul menunjukkan konsep yang benar termasuk dalam melakukan koordinasi antar instansi dan daerah juga harus dilakukan.

Selain itu koordinasi antara Pemkab Padangpariaman dan Kota Padang juga harus intens karena penutupan dan sebagian pelaksanaan Penas KTNA ini dilaksanakan di dua daerah itu.

"Apalagi sebelumnya memang difokuskan pelaksanaan di Padang sehingga anggaran sebelumnya tersedot untuk pelaksanaan di Padang," katanya.

Sebelumnya Pemprov membantu Padang untuk anggaran pelaksanaan Rp20 miliar pada 2019. Informasi yang didapatkan komisi telah digunakan Rp 12 miliar. Lalu, di sejumlah OPD Pemprov juga telah dianggarkan.

”Anggaran di Pemprov Sumbar ini yang akan kita maksimalkan untuk Padangpariaman,” katanya.

Komisi II DPRD Sumbar terdiri dari Ketua

Arkadius sejumlah anggota yaitu Yunisra Syahiran, Budiman, Mahayatul Fraksi dan Imral Adenasi datang ke lokasi untuk melakukan peninjauan

Sementara itu Sekkab Padangpariaman Jonpriadi menyebutkan semua persiapan sudah sesuai jadwal, tinggal menyelesaikan jalan masuk ke lokasi yang direncanalan dibuat dua jalur.

Dia menyebutkan tidak ada masalah terkait dana karena sudah korrdinasi dengan pemprov. Sedangkan soal lahan dan tanaman, diserahkan kepada instansi teknik terkait.

"Lahan sudah bisa digunakan setidaknya 28 hektare. Masyarakat sudah bersedia dan tinggal melakukan persiapan peralatan dari instansi terkait," kata dia.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar