Etnis Tionghoa Padang gelar pasar malam Sincia sambut tahun baru Imlek

id Imlek,Pasar malam sincai,Etnis tionghoa,Padang

Etnis Tionghoa Padang gelar pasar malam Sincia sambut tahun baru Imlek

Etnis Tionghoa Padang gelar pasar malam sincia sambut tahun baru Imlek (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Komunitas masyarakat Tionghoa Kota Padang menggelar Pasar Malam Sincia 2571 dalam rangka menyambut tahun baru Imlek selama lima hari yakni dari 8 hingga 12 Januari 2020.

Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Rabu mengatakan Pasar Malam Sincia menggambarkan sebuah akulturasi yang baik di Padang.

Ia juga mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kekayaan dan keanekaragaman kebudayaan yang ada di Kota Padang, salah satunya berupa kebudayaan Tionghoa.

Kegiatan pasar malam Sincia merupakan yang ke sembilan kali diadakan di Kota Padang dan kegiatan tersebut selalu berjalan tertib dan aman.

"Maka dari itu saya memprotes jika ada yang mengatakan tingkat toleransi di Sumatera Barat rendah, karena buktinya tidak ada dan bahkan data penelitian diambil dari media sosial," kata dia.

Ia mencemaskan ke depannya hal yang demikian dapat menimbulkan masalah sehingga terjadinya perpecahan, kata dia menambahkan.

Ketua Pelaksana Pasar Malam Sincia Chartly Gunawan mengatakan kegiatan tersebut diinisiasi para himpunan keluarga etnis Tionghoa yakni dari delapan marga Tionghoa di Padang dan dukungan oleh Pemprov Sumbar, Pemkot Padang, pihak sponsor dan pendukung lainnya.

Kegiatan pasar malam Sincia berlokasi di Gang Hok Tek Jalan Klenteng, Kampung Cina, Kelurahan Kampung Pondok, Padang.

Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu bentuk persiapan hari raya Imlek pada 25 Januari 2020 dengan menjual bahan sembako yang berkualitas dan murah untuk semua masyarakat Tionghoa dan masyarakat umum di Padang.

"Selain membagikan sembako murah, juga terdapat beberapa kegiatan lainnya seperti kegiatan seni tradisional yang akan dikenalkan pada anak-anak Tionghoa, pemilihan koko dan cici, dan beberapa kegiatan lainnya," kata dia.

Kemudian juga terdapat beberapa jenis kuliner yang bisa dinikmati langsung oleh para pengunjung.