Perbesar asa lolos ke partai final, Man City pecundangi MU 3-1 di Old Trafford

id manchester city,manchester united,piala liga inggris,derby manchester,bernardo silva,riyad mahrez,marcus rahsford

Perbesar asa lolos ke partai final, Man City pecundangi MU 3-1 di Old Trafford

Pemain sayap Manchester City Bernardo Silva (tengah) melakukan selebrasi sementara pemain Manchester United Brandon Williams terlihat kecewa dalam laga pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (7/1/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)

Jakarta, (ANTARA) - Manchester City mempecundangi Manchester United 3-1 di Stadion Old Trafford dalam laga semifinal pertama Piala Liga Inggris pada Selasa setempat (Rabu WIB), demi memperbesar asa lolos ke partai final.

Tiga gol Man City diraih pada babak pertama melalui Bernardo Silva, Riyad Mahrez dan gol bunuh diri Andreas Pereira, sedangkan MU baru bisa membalas lewat Marcus Rashford pada pertengahan babak kedua, demikian catatan laman resmi EFL.

Kemenangan 3-1 itu menjadi modal besar bagi Man City untuk menyongsong laga kedua yang bakal digelar di Etihad pada Rabu (29/1) setempat atau Kamis (30/1) dini hari WIB.

Pertandingan dimulai dengan kondisi berimbang saling serang, tetapi tim tamu yang lebih dulu berhasil membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui gol Bernardo Silva.

Berawal penguasaan bola yang tenang, Kyle Walker melesat untuk kemudian melepaskan umpan yang diselesaikan dengan tembakan keras Bernardo Silva dari luar kotak penalti dan bersarang ke pojok kiri atas gawang.

Man City hampir menggandakan keunggulan tapi dua peluang beruntun Raheem Sterling dihalau oleh duet bek tengah MU, Victor Lindelof dan Phil Jones.

Hingga akhirnya pada menit ke-33 sebuah serangan balik berhasil diakhiri Man City menjadi gol kedua yang dicetak Mahrez, menyelesaikan umpan tarik kiriman Bernardo Silva. Mahrez sempat mengecoh kiper David de Gea sebelum melepaskan sontekan mudah ke gawang tak bertuan.

MU berusaha membalas ketika Marcus Rashford mengirim umpan ungkit, tapi penyelesaian Mason Greenwood melenceng tak karuan pada menit ke-37.

Semenit kemudian keadaan kian memburuk bagi MU, sebab tembakan Kevin de Bruyne yang berusaha dihalau De Gea malah membuat bola membentur Andrea Pereira dan akhirnya bersarang ke gawangnya sendiri, membuat Man City kini unggul 3-0.

Lima menit terakhir babak pertama bak kisah horor bagi MU, sebab Sterling mendapat dua peluang emas, tapi sayangnya keunggulan Man City bertambah hingga turun minum.

MU berusaha memasuki babak kedua dengan inisiatif lebih menyerang, tetapi usaha mereka belum terlihat membuahkan hasil. Malahan pada menit ke-54 mereka harus diselamatkan oleh tiang gawang ketika Mahrez melepaskan tembakan keras dalam situasi sepak pojok.

Lantas pada menit ke-69 De Gea harus bekerja keras untuk menghalau peluang Mahrez, yang sudah berhasil melewati Brandon Williams sebelum melepaskan tembakan berbahaya ke arah gawang MU.

Semenit berselang Rashford memperkecil ketertinggalan MU menjadi 1-3 lewat penyelesaian klinis, yang setidaknya menjaga peluang Setan Merah.

Pertandingan berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Man City, tetapi MU tidak serta merta habis peluangnya mengingat masih ada leg kedua yang akan digelar di Emirates pada Kamis (30/1) dini hari WIB.

Susunan pemain:

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Phil Jones, Brandon Williams; Andreas Pereira, Fred; Daniel James (Angel Gomes), Jesse Lingard (Nemanja Matic), Marcus Rashford; Mason Greenwood (Anthony Martial)

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Manchester City (3-4-2-1): Claudio Bravo; Rodri Hernandez, Fernandinho, Nicolas Otamendi; Kyle Walker, Kevin de Bruyne (Gabriel Jesus), Ilkay Gundogan, Benjamin Mendy; Riyad Mahez (Phil Foden), Bernardo Silva; Raheem Sterling

Pelatih: Pep Guardiola