Harian Rakyat Sumbar gelar kompetisi futsal antar SMA

id berita padang, berita sumbar, futsal

Harian Rakyat Sumbar gelar kompetisi futsal antar SMA

Kompetisi futsal Rakyat Sumbar (Antara/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Harian Umum Rakyat Sumbar menggelar kompetisi futsal tingkat pelajar antar SMA se-Sumatera Barat bertajuk Rakyat Sumbar Futsal Cup I. dalam rangka mencari klub dan pemain terbaik futsal terbaik.

Kompetisi plus penjaringan pemain terbaik tersebut dibentang 24 hingga 26 Januari 2020 di GOR Mini Rafhely Futsal Bypass, Padang dengan target peserta 40 tim, kata Ketua Pelaksana Revdi Iwan Syahputra di Padang, Senin melalui siaran pers yang diterima Antara Sumbar.

Menurut dia even ini memakai sistem setengah kompetisi dengan jumlah peserta ditargetkan 40 tim.

Masing-masing klub nantinya dibagi dalam delapan grup dan etiap tim akan memainkan empat pertandingan.

Untuk insert dipatok Rp700 ribu dengan perincian hadiah, juara satu Rp5 juta, peringkat dua Rp3,5 juta, posisi ketiga Rp2,5 juta dan posisi keempat Rp1 juta.

Selain uang pembinaan, tropi dan piagam, nantinya panitia juga memberikan penghargaan khusus untuk pemain terbaik, top skor serta kiper terbaik.

Ia mengatakan kompetisi futsal tingkat SMA yang bakal digelar merupakan sarana penjaringan pemain berbakat yang nantinya diproyeksikan memperkuat Sumbar di beberapa gelaran resmi.

“Kita berharap kejuaraan nanti bisa menjaring pemain berbakat yang nantinya berpotensi memperkuat klub lokal dan bahkan Tim Sumbar. Dalam pelaksanaannya nanti kita akan gunakan jasa talent scoating dan bekerjasama dengan AFP Sumbar,” ungkapnya yang merupakan Pemimpin Redaksi Harian Umum Rakyat Sumbar itu.

Ia menambahkan nantinya pemain potensial yang terjaring berpotensi dilirik klub-klub lokal yang bersaing di Liga Nusantara Sumbar.

“Melalui turnamen ini kita berharap kembali melahirkan pemain hebat seperti Randi Satria dan M. Sanjaya yang menjadi langganan timnas di dua level tingkatan usia,” lanjutnya.

Revdi menambahkan,baik Randi Satria maupun M. Sanjaya, keduanya mengawali karier hingga dikenal di pentas futsal tanah air bermula dari klub sekolah.

“Kami ingin nantinya bisa menemukan potensi hebat lainnya pada kompetisi nanti,” tambahnya.

Pendaftaran akan dibuka alam waktu dekat dan panitia akan mengirim undangan ke seluruh SMA, SMK dan MA yang ada di Sumbar.

Beberapa sponsor juga telah berminat untuk mendukung event Rakyat Sumbar Futsal Cup I, di antaranya Ultrajaya, X-Line Sport Wear dan PT. Semen Padang.

Sementara itu, Wakil Ketua Pelaksana Arief Kamil menambahkan untuk babak penyisihan hingga babak delapan besar, laga dimainkan 2×10 menit. Sedangkan untuk semifinal dan final laga dipentaskan dengan durasi 2×20 menit.

“Selain peraturan umum, pada kompetisi nanti kita juga menerapkan peraturan khusus. Dimana, bagi setiap tim yang mampu mendatangkan 100 suporter, maka akan mendapatkan satu poin untuk tim,” ulasnya.