Gelar ICTIS 2020 ITP datangkan empat pembicara dari luar negeri

id Insititut Teknologi Padang

Gelar ICTIS 2020 ITP datangkan empat pembicara dari luar negeri

Rektor Institut Teknologi Padang, Ir. Hendri Nofrianto, MT (ANTARA/Agung Pambudi)

Padang (ANTARA) - Insititut Teknologi Padang (ITP) akan menggelar seminar internasional atau International Conference on Technology, Innovation and Society (ICTIS) 2020 yang ke tiga pada 11 sampai 12 Agustus dengan mendatangkan empat pembicara dari luar negeri.

Rektor ITP Hendri Nofrianto saat lounching kegiatan di Ruang Sidang Utama ITP, di Padang, Jumat menyebutkan ICTIS pada 2020 merupakan kegiatan yang ke tiga kalinya, sebelumnya juga sudah dilaksanakan pada 2016 dan 2018.

"Seminar internasional ini adalah kewajiban bagi perguruan tinggi untuk bisa berbagi ilmu dengan dosen-dosen lain dari perguruan tinggi lain, baik dalam negeri maupun luar negeri," kata Hendri.

Berbeda dari penyelenggaraan ICTIS sebelumnya, Hendri menyebutkan pihaknya pada tahun ini mendatangkan lima pembicara, empat dari negara berbeda dan satu dari Indonesia, dengan displin ilmu teknologi yang mumpuni.

Lima pembicara tersebut yakni Prof. Taiki Saito (Jepang), Assoc. Prof. Ing-Song Yu (Taiwan), Prof Im Choong Jae (Korea Selatan), Prof. Mohd Zainal Abidin b. Ab. Kadir (Malaysia) dan Firmansyah David, Ph.D. (Indonesia).

"Pembicara dari Korea Selatan yang kami undang ini program studinya yakni "program main-main" (game) ini menarik, sesuatu yang baru kami tampilkan, tapi ini sangat tren dinegara-negara maju," katanya.

Ia menambahkan, selain itu studinya juga ada tentang gempa, material bangunan, sementara pembicara asal Indonesia yakni Firmansyah David, Ph.D. yang tampil dalam kegiatan tersebut berasal dari ITP sendiri dengan topik entrepreneurship,

Ia berharap, kegiatan dengan tema "High And Smart Technologies For Future Societies" tersebut dapat diikuti lebih dari 80 outhor.

Ketua Pantia The 3rd ICTIS 2020, Ade Indra menambahkan, seminar internasional yang dilaksnakan tersebut mengacu aturan dari Kemenristekdikti, yaitu syarat menimal yakni pembicaranya dua dari negara yang berbeda, kemudian pesertanya diikuti lima negara yang berbeda dengan jumlah minimal 10 orang.

"Dan kami optimistis syarat yang ditentukan Kemenristekdikti dapat kami penuhi karena pembicara yang kami undang tersebut juga membawa mahasiswa untuk ikut dalam seminar ICTIS ini, panitia menargetkan setidaknya 400 peserta akan hadir di seminar internasional ITP ini dengan 80 paper submit." katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar