Jadwal Piala FA: dari Derby Merseyside hingga lakon Arteta lawan Bielsa

id jadwal piala fa,putaran ketiga piala fa,piala fa,derby merseyside,liverpool,everton,juergen klopp,carlo ancelotti,manche

Jadwal Piala FA: dari Derby Merseyside hingga lakon Arteta lawan Bielsa

Kolase manajer Liverpool Juergen Klopp (kiri) dan manajer Everton Carlo Ancelotti yang akan bertanding dalam Derby Merseyside untuk putaran ketiga Piala FA di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (5/1/2020) setempat. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Akhir pekan ini klub-klub Liga Inggris bakal mulai bersaing dalam putaran ketiga Piala FA, sebagian cukup beruntung bertemu lawan dari kasta lebih rendah, yang lainnya harus menghadapi sesama tim Liga Premier.

Derby Merseyside antara Liverpool kontra Everton bakal menjadi sajian utama dari rangkaian putaran ketiga Piala FA yang mulai bergulir sejak Sabtu (4/1) hingga Selasa (6/1) dini hari WIB.

Tak sampai sebulan silam Liverpool berjaya melumat Everton 5-2 dalam Derby Merseyside edisi Liga Premier, yang berujung kepada pemecatan Marco Silva dari kursi manajer The Toffees.

Kini, Everton ditukangi oleh Carlo Ancelotti dan sejauh ini tiga pertandingan awalnya relatif berbuah positif, dua kemenangan dan sekali kalah. Kekalahan datang dari juara bertahan Liga Inggris Manchester City.

Jika reputasi tiga kali juara Liga Champions tak cukup menimbulkan optimisme bagi Everton atas kedatangan Ancelotti, ada satu catatan lain yang mentereng, yakni menjadi satu-satunya pelatih yang bisa mengalahkan Liverpool musim ini sekaligus memetik satu poin saat main imbang di Anfield bersama Napoli di penyisihan Grup E Liga Champions.

Aston Villa memang sukses melumat Liverpool 5-0 di babak perempat final Piala Liga Inggris pertengahan Desember lalu, tapi yang dihadapi tim besutan Dean Smith kala itu adalah tim U-23 Liverpool sebab tim seniornya sudah bertolak ke Qatar untuk kemudian menjuarai Piala Dunia Antarklub.

Dengan demikian, praktis Don Carletto menjadi satu-satunya pelatih yang punya rumus jitu untuk membendung pasukan arahan Juergen Klopp musim ini. Hal itu berpeluang mengantarkan kemenangan perdana Everton di Anfield sejak 1999.

Bulir-bulir optimisme mungkin mengalir di kubu Everton, tetapi Liverpool tentu tak ingin superioritas mereka musim ini ternodai (tanpa terpaksa seperti di Piala Liga) terlebih Klopp nantinya akan punya waktu istirahat sepekan selepas Derby Merseyside sebelum The Reds kembali mengejar pemungkas paceklik gelar juara Liga Premier.

Klopp menyesalkan absennya gelandang Naby Keita yang mengalami cedera dalam sesi pemanasan laga pembuka 2020, tetapi ada satu suntikan moral positif bagi Liverpool jelang Derby Merseyside bernama Takumi Minamino.

Legiun Jepang itu berpeluang untuk melakoni debut bersama Liverpool dalam Derby Merseyside besok dan bukan tidak mungkin ia bakal mengikuti jejak bek andalan kubu Merseyside Merah, Virgil van Dijk.

Dua tahun silam, dalam ajang yang sama putaran ketiga Piala FA, Liverpool juga menghadapi Everton di Anfield dan Van Dijk melakukan debutnya sebagai bek termahal di dunia saat itu serta segera memberi kontribusi instan berupa gol penentu kemenangan 2-1 atas Everton.

Adegan suporter fanatik Liverpool bersorak di tribun Kop Stadion Anfield saat merayakan gol kemenangan yang dicetak Van Dijk boleh jadi bakal berulang pada Minggu (5/1) besok.

Selanjutnya: Juara bertahan Manchester City...
Kolase manajer Arsenal Mikel Arteta (kiri) dan manajer Leeds United Marcelo Bielsa yang akan bertemu dalam putaran ketiga Piala FA di Stadion Emirates, London, Inggris, Senin (6/1/2020) waktu setempat. (ANTARA/Gilang Galiartha)


Arteta vs Bielsa

Juara bertahan Manchester City akan bertanding pada Sabtu (4/1) malam setempat atau Minggu (5/1) dini hari WIB menjamu Port Vale di Etihad.

Kecuali Dewa Sepak Bola dan Dewi Fortuna punya rencana lain, Man City seharusnya mudah melenggang melewati tim kasta keempat yang jadi lawannya itu.

Dua hari sesudahnya, Pep Guardiola mungkin akan duduk anteng di hadapan televisi ditemani sebotol anggur merah kesukaannya demi menyaksikan pertandingan antara Arsenal kontra Leeds United.

Arsenal yang kini ditukangi Mikel Arteta akan menjamu Leeds besutan Marcelo Bielsa di Emirates pada Senin (6/1) setempat atau Selasa (7/1) dini hari WIB.

Arteta boleh disebut sebagai "murid" kedua Guardiola --setelah mendiang Tito Vilanova-- yang meniti karier kepelatihan dan langsung mendapat tugas berat mengembalikan Arsenal ke habitatnya di empat besar klasemen.

Sedangkan Bielsa adalah sosok yang dianggap Guardiola sebagai salah satu mentornya di dunia kepelatihan, meski tak pernah berbagi ruang ganti yang sama sepanjang kariernya. Dan pada 2017 lalu Guardiola melontarkan pujian bahwa Bielsa adalah sosok pelatih terbaik di dunia, bukan berdasar berapa trofi yang dimenangi, tetapi pengaruhnya terhadap para pemainnya maupun dunia sepak bola pada umumnya.

Maka demikian, Guardiola sudah pasti menikmati adu taktik antara dua sosok murid dan mentornya di Emirates nanti.

Menanti kejutan

Selain Derby Merseyside, hanya satu pertandingan lain di putaran ketiga Piala FA 2019/20 yang mempertemukan dua klub Liga Premier, yakni Wolverhampton menjamu Manchester United di Molineux pada Sabtu (4/1) malam setempat atau Minggu (5/1) dini hari WIB.

Musim lalu, Wolverhampton mengalami nasib serupa, tetapi mereka sukses menyingkirkan Liverpool dan terus melaju hingga babak semifinal sebelum dihentikan oleh Watford.

Tim besutan Nuno Espirito Santo tentu berharap bisa memetik kemenangan atas MU demi mengangkat moral pasukan Wolves yang baru saja menelan dua kekalahan beruntun di Liga Premier.

Sebaliknya, MU mungkin akan tetap lebih disorot terkait drama "cedera" Paul Pogba ketimbang penampilan tim besutan Ole Gunnar Solskjaer di atas lapangan.

Selanjutnya: Sementara itu 16 tim...

Sementara itu 16 tim Liga Premier lainnya bakal menghadapi tim-tim dari kasta liga yang lebih rendah di putaran ketiga Piala FA.

Sheffield United yang baru menelan dua kekalahan beruntun menyudahi catatan sempurna mereka di laga tandang Liga Inggris bajak menjadi tim kasta tertinggi yang bertemu tim semi profeisonal AFC Flyde. Flyde merupakan tim peserta putaran ketiga dengan kasta liga paling rendah, yakni National League alias strata kelima di sepak bola Inggris.

Pun menghadapi tim-tim yang berada di kasta lebih rendah, bukan berarti para kubu Liga Premier bisa berleha-leha, sebab musim lalu tak kurang dari lima tim kasta tertinggi jadi korban kejutan dalam putaran ketiga Piala FA.

Berikut jadwal putaran ketiga Piala FA (waktu dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (4/1) malam s.d. Minggu (5/1) dini hari

19.31 Bristol City vs Shrewsbury Town

19.31 Rochdale vs Newcastle United

19.31 Millwall vs Newsport County

19.31 Rotherham United vs Hull City

19.31 Birmingham City vs Blackburn Rovers

19.31 Burnley vs Peterborough United

22.01 Brighton & Hove Albion vs Sheffield Wednesday

22.01 Cardiff City vs Carlisle United

22.01 Fulham vs Aston Villa

22.01 Oxford United vs Hartlepool United

22.01 Southampton vs Huddersfield Town

22.01 Brentford vs Stoke City

22.01 Preston North End vs Norwich City

22.01 Reading vs Blackpool

22.01 Plymouth Argyle/Bristol Rovers vs Coventry City

22.01 Watford vs Tranmere Rovers

00.31 Bournemouth vs Luton Town

00.31 Leicester City vs Wigan Athletic

00.31 Wolverhampton vs Manchester United

00.31 Fleetwood Town vs Portsmouth

00.31 Manchester City vs Port Vale

Minggu (5/1) malam s.d. Senin (6/1) dini hari

21.01 Charlton Athletic vs West Bromwich Albion

21.01 Chelsea vs Nottingham Forest

21.01 QPR vs Swansea City

21.01 Sheffield United vs Fylde

21.01 Crewe Alexandria vs Barnsley

21.01 Middlesbrough vs Tottenham Hotspur

21.01 Burton Albion vs Northampton Town

21.01 Crystal Palace vs Derby County

23.01 Liverpool vs Everton

01.16 Gillingham vs West Ham United

Selasa (7/1) dini hari

02.56 Arsenal vs Leeds United