Liverpool menang meyakinkan dengan skor 2-0 atas Sheffield United

id liverpool,sheffield united,liga inggris,mohamed salah,sadio mane

Liverpool menang meyakinkan dengan skor 2-0 atas Sheffield United

Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kiri) melakukan selebrasi bersama Sadio Mane usai menjebol gawang Sheffield United dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (2/1/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Carl Recine)

Jakarta, (ANTARA) - Mohamed Salah dan Sadio Mane sama-sama mencetak satu gol untuk mengantarkan Liverpool menang meyakinkan dengan skor 2-0 atas Sheffield United dalam laga pekan ke-21 Liga Inggris di Stadion Anfield, Kamis setempat (Jumat WIB).

Salah mencetak golnya pada menit keempat sebelum disusul Mane sejam berselang berdasarkan catatan waktu pertandingan, demikian laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu membuat Liverpool yang bercokol di puncak klasemen sementara kini mengoleksi 58 poin demi merestorasi jarak keunggulan 13 poin yang sempat dipangkas tim peringkat kedua Leicester City (45) sehari sebelumnya.

Sebaliknya, Sheffield (29) tertahan di posisi kedelapan setelah rekor tak terkalahkan tandang mereka berakhir dan dalam dua pertandingan tandang beruntun menelan kekalahan dari Manchester City dan Liverpool.

Juergen Klopp dipaksa melakukan pergantian susunan pemain menjelang dimulainya pertandingan, sebab gelandang Naby Keita mengalami cedera di sesi pemanasan sehingga tempatnya diisi oleh James Milner.

Pun demikian, Liverpool tetap tampil menekan sejak sepak mula dan berhasil membuka keunggulan lewat gol Salah pada saat pertandingan baru berusia empat menit.

Virgil van Dijk melepaskan umpan jauh ke sisi sayap kiri dan George Baldock gagal mengantisipasi bola karena terpeleset sehingga Andy Robertson mengendalikannya sebelum menusuk ke dalam kotak penalti sebelum mengirim umpan tarik yang diselesaikan dengan sontekan sempurna Salah.

Salah hampir mencetak gol keduanya pada menit ke-12 saat melepaskan tembakan sentuhan pertama menyambut umpan terukur kiriman Jordan Henderson, tetapi kali ini kiper Dean Henderson sukses mengamankan gawang tim tamu.

Dua menit kemudian John Lundstram terjebak offside ketika Baldock melepaskan umpan sehingga tembakannya yang melesak ke gawang Liverpool tak berarti apapun.

Liverpool terus menunjukkan dominasi mereka dan pada menit ke-30 Salah kembali memperoleh peluang menyelesaikan umpan pantul dari Sadio Mane, tetapi lagi-lagi Henderson sigap menghalau bahaya sehingga skor 1-0 tak berubah hingga babak pertama berakhir.

Selanjutnya: Babak kedua diawali... Babak kedua diawali dengan tempo permainan yang menurun, Liverpool berusaha menyimpan tenaga sedangkan Sheffield bersabar menggalang pertahanan demi mencari kesempatan melakukan serangan balik.

Publik Anfield hampir bersorak pada menit ke-56 saat Roberto Firmino memutuskan melepaskan tembakan spekulasi dari sudut luar kotak penalti, tetapi bolanya yang melengkung masih tipis menyamping di sisi gawang.

Pada menit ke-60, Salah melepaskan umpan silang yang tak terjangkau sundulan Van Dijk, namun bola terus meluncur hampir menjadi gol jika saja tak membentur tiang dan memantul untuk diamankan Henderson.

Empat menit berselang, Liverpool akhirnya bisa menemukan celah pertahanan tamunya dan menggandakan keunggulan lewat gol Mane.

Berawal situasi berbahaya di area pertahanan karena Joe Gomez hampir melakukan blunder, Liverpool mengamankan situasi itu dan melancarkan serangan balik yang diselesaikan dengan umpan satu dua antara Mane dengan Salah. Penyelesaian pertama Mane berhasil dihalau Henderson, tetapi bola masih hidup dan bergulir sebelum disepak penyerang Senegal itu ke gawang yang sudah tak bertuan.

Liverpool terus mendominasi penguasaan bola dengan penuh kesabaran mencari-cari momentum kelengahan lini belakang tamunya, sedangkan Sheffield kesulitan keluar dari tekanan.

Ketika pertandingan berakhir dengan kedudukan 2-0 untuk Liverpool, praktis kiper Alisson Becker tak banyak melakukan pekerjaan untuk mencatatkan torehan nirbobol dalam penampilan ke-50 untuk The Reds di Liga Inggris itu.

Liverpool selanjutnya akan melakoni Derby Merseyside kontra Everton dalam putaran ketiga Piala FA di Anfield pada Minggu (5/1) sebelum memainkan laga pekan ke-22 Liga Inggris sepekan kemudian.

Demikian juga Sheffield bakal tampil di Piala FA melawan tim semi profesional penghuni kasta kelima sepak bola Inggris, AFC Flyde, sebelum kembali main di Liga Inggris dalam upaya balik ke jalur kemenangan.

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson (Adam Lallana); Naby Keita, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah (Harvey Elliott), Roberto Firmino, Sadio Mane (Divock Origi)

Pelatih: Juergen Klopp

Sheffield United (3-5-2): Dean Henderson; Chris Basham, John Egan, Jack O'Connell; George Baldock, John Lundstram, Oliver Norwood (Muhamed Besic), John Fleck, Enda Stevens; David McGoldrick (Billy Sharp), Lys Mousset (Oliver McBurnie)

Pelatih: Chris Wilder