UAS : Lima ibadah yang dilakukan agar terhindar dari bencana

id Berita Padang

UAS : Lima ibadah yang dilakukan agar terhindar dari bencana

Para jamaah antusias mendengarkan ceramah Ustad Abdul Somad saat Tabligh Akbar UAS dan mitigasi bencana di Padang (Antara/Laila Syafarud).

Padang (ANTARA) - Ustad Abdul Somad atau sering dikenal dengan sebutan UAS menyebutkan terdapat lima ibadah yang mesti dilakukan agar terhindar dari bala, khususnya di kota Padang, Sumatera Barat.

Lima ibadah itu, meliputi bersedekah, menghindari zina, menjauhi riba, melalukan perbuatan yang baik dan meninggalkan perbuatan yang mungkar dan berzikir atau berdoa, katanya.

"Akhir-akhir ini kita sering menyaksikan banyaknya bencana alam seperti bencana banjir yang menimpa beberapa wilayah di Sumbar," ujar dia.

Ia menyampaikan hal itu saat mengisi ceramah pada Tabligh Akbar Ustad Abdul Somad dan mitigasi bencana di Pantai Purus, Cimpago, Padang Sumatera Barat.

Ia mengajak jamaah yang hadir agar kembali mengintrospeksi diri jika sekiranya selama ini terlupa atas kewajiban terhadap Allah SWT.

"Kalau bisa lakukan zikir bersama, namun yang lebih utama ialah zikir sendiri di sepertiga malam," ujar dia.

Ia juga mengingatkan agar para jamaah yang telah memiliki anak di usia remaja agar memberikan perhatian ketat agar anak mereka terhindari pacaran atau pergaulan bebas.

"Selama ini banyak kita lihat para remaja zaman sekarang berjalan berduaan bukan dengan mahramnya dan itu sudah termasuk zina," kata dia.

Hal tersebut juga dapat mengundang terjadinya bencana dan ini merupakan tugas kita bersama untuk menghindarinya, kata dia.

"Jika lima ibadah tersebut telah dilakukan, InsyaAllah kita semua akan terhindar dari bala. Akan tetapi jika ibadah tersebut tidak dilakukan, maka akan turun azab dari Allah dan doa tidak dikabulkan," kata dia menerangkan.