UAS apresiasi antusias jamaah hadiri Tabligh Akbar di Pantai Purus Padang

id Ustaz Abdul Somad,Pantai Padang,UAS di Padang

UAS apresiasi antusias jamaah hadiri Tabligh Akbar di Pantai Purus Padang

UAS apresiasi antusias jamaah hadiri Tabligh Akbar di Pantai Purus Padang (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Ustaz Abdul Somad atau sering disapa UAS itu mengapresiasi antusiasisme jamaah yang menghadiri Tablig Akbar di Pantai Purus, Cimpago, Kota Padang, Sumatera Barat.

"Ini menunjukkan Islam itu masih berjaya di Minangkabau dan semoga terus berjaya hingga ke depannya dan dikembangkan oleh anak cucu kita," kata UAS pada saat menyampaikan ceramah tentang mitigasi bencana di Padang, Kamis.

Ia mengatakan sebelumnya Islam masuk ke Minangkabau oleh para pedagang dari Arab dan kegigihan para ulama yang terus semangat menuntut ilmu ke tanah Arab, kemudian di kembangkan ke beberapa daerah yang ada di Minangkabau.

Ia menyampaikan hal itu saat mengisi ceramah pada Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad dan mitigasi bencana di Pantai Purus, Cimpago, Padang Sumatera Barat.

Ia juga mengatakan para tokoh-kokoh Islam dulunya banyak dilahirkan dari Minangkabau seperti Buya Hamka, Abdullah Ahmad, Agus Salim, Muhammad Natsir, dan beberapa tokoh Islam lainnya.

"Mereka rela memperjuangkan segalanya agar Islam itu terus berjaya di Minangkabau yang kita cintai ini," kata dia.

Sehingga sampai saat ini adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah masih tetap kokoh di Minangkabau.

Ia berharap semoga ke depannya akan terlahir para penerus ulama-ulama tersebut dari generasi muda Minangkabau saat ini.

"Jangan hanya menjadi generasi yang muda yang rajin buat status di sosial media saja, lalu minta komen like and share," ujar dia yang mengundang tawa para jamaah di Pantai Purus tersebut.

Usai mendengarkan ceramah UAS, salah seorang jamaah Murni (21) yang berasal dari salah satu kampus swasta di Padang mengatakan semoga harapan UAS terhadap para generasi muda di Minangkabau dapat diwujudkan.

"Setelah mendengar ceramah UAS saya menjadi terinspirasi untuk belajar lebih giat lagi, karena untuk berdakwah membutuhkan ilmu yang lebih," ujar dia.