Ke Solok Selatan, Wamen PUPR sempatkan diri ke Saribu Rumah Gadang

id saribu rumah gadang,Wempi Wetipo,kampung adat terpopuler

Ke Solok Selatan, Wamen PUPR sempatkan diri ke Saribu Rumah Gadang

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Wempi Wetipo beserta Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria foto disamping rumah gadang gajah maram di kawasan seribu rumah gadang (ANTARA/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Wempi Wetipo mengunjungi perkampungan adat terpopuler yaitu kawasan Saribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Kamis.

"Tadi di perjalanan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria banyak bercerita tentang rumah gadang tetapi di sepanjang jalan yang dilalui saya ditidak melihatnya sehingga saya mengajak bupati untuk singgah sebentar melihatnya," katanya di Padang Aro.

Dia mengatakan, semula ia berpikir kalau rumah gadang itu seperti rumah makan Padang tetapi setelah melihat langsung ternyata berbeda.

"Setelah melihat dan memasuki rumah gadang saya baru berasa di Minangkabau," ujarnya.

Terkait revitalisasi rumah gadang di Solok Selatan, katanya, sudah terkontrak dan ada 33 rumah gadang yang akan diperbaiki.

Sekarang, katanya, rekanan pemenang tender sudah mulai berkerja di lapangan dan yang agak sulit yaitu mencari kayu yang sesuai.

"Kami dibantu Pemerintah Solok Selatan dalam memenuhi kayu yang sesuai kriteria," ujarnya.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan, pihaknya siap membantu dalam mencarikan kayu yang sesuai untuk revitalisasi rumah gadang.

"Kami akan bantu berapapun kayu yang dibutuhkan kami sediakan," ujarnya.

Wamen PUPR ke Solok Selatan meninjau beberapa titik seperti Pinti Kayu Pakan Rabaa Timur, Jembatan Sungai Pangkua yang putus, Kampung Tarandam kawasan seribu rumah gadang dan Liki.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar