Rafhely Futsal Tanah Datar lapangan bertaraf Internasional di "Luhak Nan Tuo"

id Futsal, Sumbar, Rafhely, Padang, Tanah Datar

Rafhely Futsal Tanah Datar lapangan bertaraf Internasional di "Luhak Nan Tuo"

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Barat Haji Yasman Yanusar (kanan) saat pembukaan Lapangan Futsal Rafhely Tanah Datar (Istimewa)

Batusangkar, (ANTARA) - Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat memiliki lapangan futsal bertaraf internasional yakni Rafhely Futsal Tanah Datar atau "Luhak Nan Tuo" yang berada di Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang dan dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmidzi pada Rabu (1/1).

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar, Rabu mengapresiasi kepedulian pemilik Rafhely Futsal Tanah Datar Haji Yasman Yanusar yang membangun lapangan futsal berstandar internasional di daerah tersebut.

Ia menilai dengan adanya sarana lapangan tersebut akan memicu peningkatan prestasi futsal di daerah itu kedepannya.

"Kalau waktu Porprov 2018 kita dapat medali perak. Pada Porprov 2020 diharapkan medali emas", katanya..

Selain itu, lanjutnya dengan adanya lapangan futsal ini akan berdampak pada perekonomian masyarakat khususnya sekitar sini," sambungnya.

Ia memastikan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan mendukung apapun kegiatan cabang olahraga futsal nantinya yang akan berlangsung di Rafhely Futsal Tanah Datar.

"Seperti kompetisi resmi Liga Nusantara atau turnamen berskala nasional," kata dia.

Selain itu Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2020 ini juga jadi tuan rutuancabang olahraga futsal Porprov dan dua tahun kemudian Tanah Datar tuan rumah bersama Padang Panjang.

Pemilik Rafhely Futsal yang juga Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumbar Haji Yasman Yanusar bersyukur pembukaan Lapangan Futsal Rafhely yang ketiga di Sumatera Barat.

Ia berharap dari lapangan ini akan bermunculan bibit pemain futsal Sumatera Barat dan tentunya mampu mengangkat prestasi Tanah Datar khususnya dan Sumbar seluruhnya," kata dia.

Usai pembukaan, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmidzi dan Haji Yasman Yanusar bersama tokoh masyarakat menyaksikan trofeo antara tiga tim futsal yaitu Rafhely FC Padang yang dihuni pemain pemain pra PON Sumbar.

Kemudian tim Futsal Tanah Datar yang diproyeksikan untuk Porprov 2020 dan klub Liga Nusantara Jordus FC.

Rafhely FC tampil sebagai pemenang dengan dua kemenangan dari Tanah Datar 4-0 dan mengalahkan Jordus 4-2.

Sementara Jordus FC diperingkat kedua setelah mengalahkan Futsal Tanah Datar (2-1) dan kalah dari Rafhely Padang. (*)