Semen Padang salurkan beasiswa Rp726 juta dari SD hingga mahasiswa

id beasiswa semen padang,semen padang,Sumbar

Semen Padang salurkan beasiswa Rp726 juta dari SD hingga mahasiswa

Penyerahan beasiswa PT Semen Padang. (Antara/Humas)

Padang, (ANTARA) - PT Semen Padang menyalurkan beasiswa sebesar Rp726.950.000 kepada penerima yang terdiri atas pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, mahasiswa perguruan tinggi dan atlet berprestasi untuk dua semester.

Kepala Unit CSR Semen Padang, M Ikrar di Padang, Selasa mengatakan pada semester I tahun Ajaran 2019/2020 pihaknya mengucurkan beasiswa sebesar Rp368.050.000 kepada 693 penerima di wilayah Kota Padang, perwakilan Dumai dan Lampung.

Sedangkan pada semester II disalurkan sebanyak Rp358.900.000 pada Desember 2019 kepada sebanyak 683 penerima.

Ia mengatakan beasiswa pendidikan yang disalurkan diberikan untuk pelajar yang kurang mampu namun berprestasi di sekitar lingkungan perusahaan, mulai dari SD hingga perguruan tinggi dan ditambah atlet berprestasi binaan FKKSP.

Untuk daerah Padang, proses penyaluran dilakukan dengan sistem transfer langsung kepada penerima, sedangkan untuk wilayah Dumai dan Lampung dilakukan penyerahan secara langsung, kata dia.

"Beasiswa ini rutin dilakukan oleh CSR Semen Padang dalam dua periode setiap tahunnya," ujarnya.

Ia mengatakan beasiswa dan bantuan pendidikan dari CSR semen Padang diberikan secara berkelanjutan untuk setiap pelajar dan mahasiswa yang dimonitoring dan evaluasi setiap semesternya.

Jika pelajar dan mahasiswa tersebut dapat mempertahankan nilainya sesuai standar yang ditetapkan, maka mereka akan tetap memperoleh beasiswa. Sedangkan jika nilainya kurang, maka akan dievaluasi oleh sekolah masing-masing," ujarnya.

Ikrar pun berharap agar pelajar dan mahasiswa yang menerima beasiswa dari CSR Semen Padang, terus dapat mempertahankan bahkan meningkatkan nilai prestasinya, karena peningkatan prestasi siswa itu sendiri merupakan bentuk keberhasilan dari program beasiswa tersebut.

"Ke depan, program beasiswa dan bantuan pendidikan yang rutin disalurkan dua kali setahun ini akan terus kami kembangkan agar lebih optimal dalam mendorong pelajar dan mahasiswa terbaik bangsa menjadi berkualitas dan mandiri," ujar dia.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius mengapresiasi PT Semen Padang yang selalu rutin memberikan beasiswa kepada pelajar dan atlet berprestasi di Kota Padang.

Menurutnya, apa yang dilakukan Semen Padang merupakan wujud nyata bahwa Semen Padang peduli terhadap pendidikan.

"Semen Padang punya komitmen yang kuat untuk memajukan pendidikan, dan itu dapat dilihat bukan hanya dari program beasiswa saja, tapi juga dari adanya sekolah dari TK hingga se tingkat SMA di Semen Padang. Mewakili Pemko Padang, saya berterima kasih kepada Semen Padang yang telah peduli pada pendidikan," katanya.

Ia berharap, perusahaan lainnya di Kota Padang, dapat menjadikan apa yang dilakukan oleh Semen Padang itu sebagai contoh dalam menerapkan konsep CSR-nya.

"Perusahaan lain di Padang ini kan banyak. Kalau bisa, jadikan beasiswa sebagai program rutin CSR, apalagi untuk memajukan ekonomi masyarakat, harus dimulai dari SDM yang berkualitas," ujarnya.