Malam tahun baru, cuaca di Sumbar diprediksi berpotensi hujan

id Cuaca Sumbar,BMKG ,Malam Tahun Baru,pergantian tahun

Malam tahun baru, cuaca di Sumbar diprediksi berpotensi hujan

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Yudha Nugraha (Antara/Laila Syafarud).

Padang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan menjelang perayaan malam tahun baru 2020 kondisi cuaca berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah di Sumbar.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Yudha Nugraha saat dihubungi dari Padang, Selasa mengatakan kondisi cuaca menjelang tahun baru diperkirakan hujan dengan intensitas sedang di beberapa titik di wilayah Sumatera Barat, yakni di Padang, Padang Pariaman, Agam, Padang Panjang, Pariaman, Pesisir Selatan, Bukittinggi dan sekitarnya pada siang hingga sore hari.

Ia juga mengatakan untuk kondisi cuaca pada malam tahun baru secara umum dalam kondisi berawan dan berpeluang hujan ringan di beberapa wilayah di Sumbar, yakni di Pesisir Selatan, Kepulauan Mentawai, Tanah Datar, Solok, Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Tanah Datar, Kabupaten Solok, dan Solok Selatan.

Ia menyebutkan tingkat kelembaban udara yakni 70 sampai 98 persen dan arah angin berasal dari Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 04 sampai 32 kilometer per jam.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir, kilat serta angin kencang pada siang hingga sore hari di wilayah Pasaman Barat, Pasaman, Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang Panjang, Padang, dan beberapa wilayah lainnya.

Kemudian ia mengatakan perkiraan cuaca pada 1 Januari 2020 yakni hanya cerah berawan hingga berawan, dan terdeteksi hujan ringan pada pagi hari di beberapa wilayah yakni Pasaman, Limapuluh Kota, Sijunjung, dan Dharmasraya.

"Perkiraan suhu udara yakni 18 hingga 31 derajat celsius dengan kelembapan udara 60 sampai 98 persen," katanya.

Kemudian arah angin berasal dari Tenggara sampai Barat Daya dengan kecepatan 04-20 kilometer per jam.