LL Dikti Wilayah X jadikan layanan Gulamu tingkatkan mutu PTS

id Berita Padang

LL Dikti Wilayah X jadikan layanan Gulamu tingkatkan mutu PTS

Sekretaris LL Dikti Wilayah X Yandri sebelah kanan (Antara/HO-Humas LL Dikti Wilayah X)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X menjadikan mengevaluasi Gugus Layanan Mutu (Gulamu) untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi swasta (PTS).

"Selain meningkatkan mutu PTS Gulamu juga bertujuan untuk mengembangkan layanan akreditasi perguruan tinggi (APT) dan percepatan guru besar," kata Sekretaris LL Dikti Wilayah X Yandri, saat dihubungi dari Padang, Sabtu.

Yandri juga menerangkan mutu merupakan fokus utama LL Dikti Wilayah X dalam memberikan pelayanan kepada PTS di Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau.

"Untuk mengoptimalkan layanan sebagai upaya peningkatan mutu PTS tersebut LL Dikti Wilayah X juga menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD)," ujar dia.

Ia mengatakan FGD yang diselenggarakan bersama tim fasilitator yakni berupaya untuk mengevaluasi serta mengembangkan layanan PTS berbasis daring.

Ia juga mengatakan LL Dikti Wilayah X terus berkomitmen untuk menerapkan sistem pelayanan mutu di seluruh PTS yang berada di empat wilayah tersebut.

"Layanan peningkatan mutu merupakan layanan tentang peningkatan mutu secara ringkas, padat, utuh, dan menyeluruh," kata dia.

Layanan peningkatan mutu juga bisa dijadikan sebagai dasar atau payung PTS dalam menentukan manual mutu, prosedur operasional baku, dan formulir layanan.

"Sehingga dapat meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang dikenal dengan sebutan akreditasi," katanya.

Ia juga menambahkan jenis layanan yang terdapat pada Gulamu saat ini yakni layanan pendampingan pengembangan dokumen SPMI, pendampingan Monev dan audit SPMI, dan layanan pendampingan akreditasi.