Jika lalu lintas padat, ini jalur alternatif Padang Panjang menuju Bukittinggi

id Antrean kendaraan,padang panjang,rekayasa lalu lintas,berita padang panjang,berita sumbar,jalur alternatif padang panjang menuju bukittinggi

Jika lalu lintas padat, ini jalur alternatif Padang Panjang menuju Bukittinggi

Antrean kendaraan pada Senin (23/12) atau saat hari pasar di Pasar Koto Baru. Polres Padang Panjang sudah menyiapkan jalur alternatif untuk menghindari kondisi tersebut. (ANTARA/ Ira Febrianti)

Padang Panjang, (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menyiapkan beberapa jalur alternatif yang dapat digunakan pengendara saat terjadi kepadatan di jalur utama Padang Panjang menuju Bukittinggi pada masa libur akhir tahun.

"Kami sudah koordinasi dengan Dinas Perhubungan agar siapkan rambu-rambu supaya pengendara tidak ragu atau salah jalan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Padang Panjang Iptu Saherman di Padang Panjang, Jumat.

Ia menerangkan jalur alternatif yang tersedia dari Padang Panjang menuju Bukittinggi merupakan jalan kecil sehingga sulit dilalui jika kendaraan roda empat berselisih jalan.

Karena itu pengendara dari Padang menuju Bukittinggi baru diarahkan ke jalur alternatif jika kondisi di jalur utama Padang-Bukittinggi sudah terlalu padat terlebih saat hari pasar di Pasar Koto Baru setiap Senin.

Dalam kondisi lalu lintas padat dari arah Padang menuju Bukittinggi, pengendara dapat berbelok di Simpang Kayu Tanduak, Simpang Pandai Sikek atau di Pasar Raba'a lalu keluar di pesantren Haji Miskin.

Sementara pengendara dari arah Bukittinggi menuju Padang tetap berada di jalur utama melalui Pasar Koto Baru.

"Artinya saat lalu lintas padat di Koto Baru, jalan di sana diberlakukan satu jalur untuk kendaraan arah Bukittinggi ke Padang sementara arah sebaliknya melewati jalur alternatif yang memang cocoknya untuk satu jalur saja," jelasnya.

Sementara untuk pengendara menuju Solok yang ingin menghindari dalam kota Padang Panjang dapat berbelok ke Simpang Mifan menuju Tanah Hitam lalu ke Islamic Center dan keluar di Tugu Monas.

Untuk melayani pengendara yang ingin menikmati libur akhir tahun, Kasat Lantas mengatakan personel kepolisian sudah ditugaskan melakukan pengaturan di titik-titik rawan kemacetan, rawan kecelakaan, rawan pelanggaran lalu lintas dan rawan bencana.

Di samping itu juga tersedia dua pos pengamanan berlokasi di Flaminggo dan Koto Baru serta lima pos pelayanan berlokasi di Lembah Anai, Kubu Karambia, Karya, Batipuh Selatan dan Minang Fantasi (Mifan).

Ia mengimbau pengendara agar mematuhi aturan berlalu lintas, mengikuti arahan petugas di jalan dan membawa kelengkapan surat kendaraan untuk menciptakan keamanan, kenyamanan dan ketertiban berlalu lintas. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar