Natal di Payakumbuh, ormas dan pemuda turut jaga gereja

id Doni setiawan,Natal di sumbar,Polres Payakumbuh

Natal di Payakumbuh, ormas dan pemuda turut jaga gereja

Kapolres Payakumbuh AKBP Doni Setiawan (tengah) bersama anggota Kodim, Satpol PP, ormas dan kelompok pemuda menjaga perayaan Natal di Payakumbuh, Sumatera Barat, Rabu (25/12/2019). ANTARA/HO-Polres Payakumbuh

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah organisasi kemasyarakatan dan kelompok pemuda ikut terlibat menjaga keamanan perayaan Natal di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Kapolres Payakumbuh AKBP Doni Setiawan melalui siaran pers Rabu (25/12) mengatakan hal tersebut sebagai gambaran bahwa warga Payakumbuh sangat toleran dan rukun dengan perbedaan, baik suku, ras maupun agama.

Mereka menjaga keamanan di tiga gereja yang berada di kota itu.

Menurut dia, Payakumbuh merupakan rumah bagi perbedaan dan kerukunan.

"Banyak isu yang berkembang bahwa Sumbar intoleran. Keterlibatan pemuda ini jelas menjadi bukti bahwa tidak ada intoleransi di Sumbar, khususnya di Payakumbuh," kata Doni.

Doni mengatakan, sejumlah ormas terlibat dalam pengamanan di sejumlah gereja. Salah satunya di Gereja Santo Fidelis, Kecamatan Payakumbuh Utara, ibadah misa dijaga oleh pemuda setempat dan Pemuda Pancasila (PP).

Doni mengatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan pemuda setempat dalam menjamin keamanan perayaan Natal. Pengamanan itu dilakukan sejak Selasa (24/12).

"Dari Polres Payakumbuh, ada 160 personel yang diturunkan, juga dibantu Kodim dan Satpol PP," kata mantan Kapolres Solok ini.

Doni juga sudah berdialog dengan pengurus gereja-gereja di Payakumbuh. Sejak hari pertama penyelenggaraan misa pun sudah dilakukan sterilisasi.

Dia mengharapkan perayaan Natal tetap aman dan terkendali.

"Kami mempersilakan saudara kami umat Kristiani untuk melaksanakan ibadahnya. Sudah menjadi tugas kami untuk mengayomi masyarakat apapun golongan, latar belakang dan agamanya," kata Doni.