BMKG perkirakan curah hujan di Sumbar terus meningkat hingga Maret 2020

id BMKG,Dwikorita Karnawati,Hujan

BMKG perkirakan curah hujan di Sumbar terus meningkat hingga Maret 2020

Kepala BMKG Pusat Dwikorita Karnawati (Antara / Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan intensitas curah hujan di Sumatera Barat terus mengalami peningkatan hingga Maret 2020.

Kepala BMKG Pusat Dwikorita Karnawati di Padang, Senin mengatakan saat ini merupakan puncak musim hujan untuk wilayah Sumatera Barat.

Hal itu disampaikan saat rapat koordinasi membangun kesadaran masyarakat secara kolektif dalam pengurangan risiko bencana banjir dan banjir bandang serta peresmian shalter INA-TEWS dan Operasional Eews Provinsi Sumbar.

"Intensitasnya masih tinggi seperti yang terjadi di Solok Selatan yakni sampai 100 milimeter lebih dalam waktu satu hari," katanya

Menurutnya curah hujan tersebut masih berpotensi hingga Maret 2020.

"Diperkirakan Januari curah hujan mencapai 200 hingga 300 milimeter dalam satu bulan, artinya curah hujan masih tinggi," katanya.

Kemudian menurut perkiraan BMKG curah hujan hingga Maret 2020 terus meningkat yakni mencapai 400 milimeter dalam satu bulan.

"Karena itu, kita harus terus waspada akan potensi bencana hidrometeorologi yakni dengan cara menghindar apa bila terdapat tanda-tanda nya," kata dia.

Seperti longsor, banjir dan banjir bandang diperkirakan masih berpotensi terjadi, oleh karena itu perlu ditingkatkan kewaspadaan bagi masyarakat, katanya.

"Biasanya sebelum banjir bandang terlihat tanda-tanda, namun terkadang tidak harus ada hujan di daerah terjadinya banjir bandang tersebut, bahkan hujan justru di atas gunung," katanya.

Jika terlihat hujan di atas gunung maka yang berada di bawah atau di pinggir sungai harus waspada dan menjauh dari sungai, katanya.

"Jika terlihat air sungai tiba-tiba keruh maka segera menjauhi sungai karena biasanya air tersebut menghanyutkan kayu dan benda lainnya yang membahayakan," kata dia menerangkan.

Menurut perkiraan BMKG bencana alam puting beliung juga potensi terjadi yakni dengan ciri-ciri awan seperti bunga kol, biasanya selama 30 menit hingga satu jam kemudian jika semakin gelap maka akan terjadi puting beliung, dan segera menyingkir dari sana, kata dia.

ia juga menambahkan saat ini curah hujan hampir merata di seluruh wilayah di Indonesia namun jumlah curah hujannya berbeda-beda.

"Potensi udah hujan di Aceh dan Sumatera Utara hampir sama dengan Sumbar," katanya.

Kemudian biasanya curah hujan yang normal tidak melebih dari 200 milimeter.