BNPB : kesadaran kolektif harus dibangun untuk antisipasi bencana alam

id Doni Monardo,BNPB,pencegahan bencaa

BNPB : kesadaran kolektif harus dibangun untuk antisipasi bencana alam

Kepala BNPB Doni Monardo (Antara / Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengharapkan kesadaran kolektif dari berbagai pihak harus dibangun untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Kepala BNPB Doni Monardo di Padang, Senin mengatakan persoalan bencana alam tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama termasuk masyarakat setempat.

Ia menyampaikan itu saat rapat koordinasi membangun kesadaran masyarakat secara kolektif dalam pengurangan risiko bencana banjir dan banjir bandang serta peresmian shalter INA-TEWS dan Operasional Eews Provinsi Sumbar.

"Untuk itu kesadaran kolektif harus dibangun karena kita semua harus menjaga alam ini," ujar dia.

Ia juga berharap agar pemerintah daerah mendapat memberikan perhatian khusus untuk memberikan perlindungan ke beberapa wilayah yang rawan bencana.

Kemudian menurutnya sumber kerusakan alam ini berasal dari dua bagian yakni dari kerusakan ekosistem dan pola perilaku.

"Kerusakan alam ini juga disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri," katanya.

Sehingga untuk mencegah ulah para pelaku yang tidak bertanggung jawab tersebut tidak bisa jika hanya mengharapkan aparat penegak hukum saja karena akan mengalami kesulitan di lapangan.

"Sanksi penjara tidak mempan untuk mereka, setelah di penjara mereka pasti akan berbuat lagi," ujarnya.

Untuk itu dalam pengawasan tersebut ia menyarankan agar melibatkan tokoh masyarakat di Minangkabau yakni Ninik mamak, alim ulama dan cerdik pandai.

"Dengan demikian kesadaran masyarakat akan muncul, jika kesadaran sudah muncul maka tidak akan ada lagi pelaku kerusakan yang kita temukan," katanya.

Ia juga berharap adanya kerja sama dan keberanian dari masyarakat untuk mengatakan ke pihak manapun yang melakukan kerusakan terhadap alam Minangkabau.

Semoga Sumatera Barat mampu menjadi contoh bagi provinsi lain tentang potensi alam yang dimiliki, katanya.

"Karena berdasarkan falsafah adat Minangkabau alam takambang menjadi guru," ujarnya.