Melalui Coorporate University, Kemenkumham wujudkan SDM unggul dan berintegrasi

id Kemenkumham Sumbar,Coorporate University

Melalui Coorporate University, Kemenkumham wujudkan SDM unggul dan berintegrasi

Sosialisasi program "Coorporate University" di Kantor Kanwil Kemenkumham Sumbar, Senin (23/12). (ANTARA/Fathul Abdi)

Padang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Sumbar) menyosialisasikan program Coorporate University yang diklaim sebagai strategi mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berintegritas.

"Hari ini dilakukan sosialisasi program Coorporate University yang telah dilaksanakan pusat, agar program teraebut dipahami oleh para pegawai," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar Suharman, di Padang, Senin.

Sosialisasi tersebut menghadirkan Kepala Bagian Program dan Kerjasama BPSDM Kemenkumham RI Siti Fajar Ningrum, dan dihadiri oleh Kasatker di lingkup Kantor Kanwil Kemenkumham.

Kepada media Siti Fajar mengatakan program tersebut adalah strategi pembelajaran yang dilakukan Kemenkumham RI dalam upaya merespon visi-misi Presiden RI untuk meningkatkan kualitas SDM.

"Muara dari program ini adalah percepatan kinerja organisasi yang menyentuh seluruh pegawai," katanya.

Sedikitnya ada tujuh karakter yang akan dicapai melalui program Coorporate University yaitu profesionalisme, integritas, nasionalisme, hospitality.

Kemudian karakter jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), wawasan global, serta keahlian IT dan bahasa asing.

Dengan program tersebut akan dilakukan pengembangan potensi, kemampuan, serta perilaku (attitude) pegawai ke arah yang lebih baik.

Melalui program tersebut para pegawai di masing tingkatan bisa meningkatkan kemampuan lewat siapapun, apapun, dan dimanapun, termasuk melakukan patok banding ke instansi lain.

Sementara Kepala Kanwil Kemenkumham Suharman berharap program tersebut nantinya bisa menambah ilmu pengetahuan pegawai, lalu mengubah pola pikir, dan mengubah pola kerja pegawai.

Ia mengatakan untuk Sumbar saat ini tercatat sekitar 134 ribu pegawai gabungan dari UPT pemasyarakatan, imigrasi, dan pegawai Kanwil Kemenkumham.

Kegiatan sosialisasi tersebut tampak dihadiri para kepala divisi, kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Sumbar, dan lainnya.