Bawaslu Pariaman minta panwascam jaga tingkah laku sebagai penyelenggara Pemilu

id panwascam pariaman

Bawaslu Pariaman minta panwascam jaga tingkah laku sebagai penyelenggara Pemilu

Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan (kanan) memimpin sumpah 12  anggota Panwascam untuk empat kecamatan di daerah itu, Senin. (Antara/Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman, Sumatera Barat melantik 12 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) provinsi pada 2020.

"Penetapan anggota Panwascam ini berdasarkan seleksi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu," kata Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan pada sambutan pelantikan 12 anggota Panwascam untuk empat kecamatan di daerah itu, Senin.

Ia mengatakan 12 anggota Panwascam tersebut akan mengawasi pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang dilaksanakan pada 2020.

Namun, lanjutnya sebelum anggota Panwascam tersebut bertugas pihaknya akan melatihnya selama dua hari terkait tugas dan kewenangan pengawasan serta tahapan Pilkada 2020.

"Kami harapkan anggota Panwascam ini dapat menjaga tingkah laku sebagai penyelenggara Pemilu," katanya.

Ia menyampaikan meskipun salah satu bakal calon wakil gubernur pada Pilkada tersebut berasal dari Kota Pariaman namun pihaknya akan bekerja dengan profesional atau tidak memihak.

"Kami memiliki standar pengawasan untuk menjalankan tugas sebagai pengawas Pemilu," ujarnya.

Ia mengatakan meskipun indeks kerawanan Pemilu pada Pilkada 2020 berbeda dengan pemilihan presiden dan legislatif pada 2019 serta Pilkada Kota Pariaman 2018 namun pihaknya belum menyampaikannya karena masih dalam pemetaan.

Adapun Anggota Panwascam yang dilantik tersebut yakni untuk Pariaman Tengah yaitu Idris, Nadia Meria Jane, dan Kasman Nur Adha. Lalu Anggota Panwascam Pariaman Utara yaitu Andrianto, Jino Saputra, dan Taufik Hidayat.

Selanjutnya anggota Panwascam Pariaman Selatan yaitu Ria Meilani, Alvis Maynardi, dan Zarmayana. Serta Panwascam Pariaman Timur yaitu Idratul Rahman, Heri Martoni, dan Y. Vandu El Rachmat.

Sementara itu, salah satu anggota Panwascam Pariaman Timur Heri Martoni mengatakan setelah dilantik pihaknya akan menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak untuk memaksimalkan pengawasan. (*)