Ketua RT berperan penting penyampaian informasi pemilu, kata KPU Sumbar

id Sumbar,KPU

Ketua RT berperan penting penyampaian informasi pemilu, kata KPU Sumbar

Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulay memaparkan hasil riset KPU di Pemilu 2019 di Sumbar (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menyebutkan Ketua RT dan Lurah berperan penting dalam penyampaian informasi pemilu kepada masyarakat di daerah itu pada Pemilu 2019.

"Hasil riset yang dilakukan tim KPU Sumbar menemukan bahwa peranan RT dan Lurah sangat penting, dan ini yang akan perbaiki di Pilkada 2020 nantinya," kata dia di Padang, Minggu.

Ia mengatakan mulai dari tren informasi publik saat ini berubah dari dulunya fokus ke radio, televisi, media cetak dan lainnya.

Pada pemilu 2019, katanya masyarakat mendapatkan informasi melalui media sosial walau terkadang banyak informasi hoaks yang bertebaran di sana

"Ini yang coba kita masuki dengan menggandeng influencer atau lainnya untuk menyampaikan informasi pemilu," ucap dia.

Sementara itu, untuk pengecekan data pemilih melalui aplikasi secara daring yang dibuat KPU Sumbar tidak banyak diakses masyarakat.

Ia mengatakan akses data ini yang paling banyak didapatkan warga dengan mendatangi Kantor Lurah atau Wali Nagari.

Selanjutnya Ketua Rukun Tetangga (RT) menjadi rujukan masyarakat mendapatkan informasi seputar pemilu. Menurut dia berdasarkan riset ini tentu KPU akan berupaya memperbaiki kelemahan yang ada.

Mulai dari penguatan kompetensi Lurah, RT, tokoh masyarakat dan lainnya agar memiliki pengetahuan tentang pemilu.

"Jika mereka menerima informasi yang salah tentu yang didapatkan warga juga salah. Ini yang coba kita perbaiki ke depan,"ujarnya.