PLN Sumbar ajak masyarakat bayar tagihan listrik tepat waktu

id PLN, tagihan listrik, sumateran barat, pelanggan

PLN Sumbar ajak masyarakat bayar tagihan listrik tepat waktu

Petugas PLN, meski akhir pekan dan minggu tetap turun datangi konsumen dan mengimbau agar membayar tagihan tepat waktu. (Ist)

Padang (ANTARA) - Menjelang akhir tahun ini, PLN gencar melakukan upaya penurunan tunggakan rekening listrik dan mengimbau masyarakat bayar tagihan tepat waktu.

Dengan konsumen membayar tepat waktu, sudah turut mendukung pembiayaan yang tanggung PLN untuk meningkatkan pelayanan maksimal.

Target yang ingin dicapai adalah tunggakan nihil di akhir tahun 2019. Hal ini dilaksanakan guna meningkatkan kinerja perusahaan dan menjaga kualitas layanan kepada masyarakat, seperti dirilis HumasPLN UIW Sumbar, Minggu.

Sebab, listrik di era dewasa kini merupakan kebutuhan primer manusia, hal tersebut dapat terlihat dari pola hidup manusia yang selalu bergantung terhadap listrik.

Berbagai kemudahan dapat dinikmati dengan hadirnya peralatan rumah tangga ataupun perkantoran yang dapat dioperasikan menggunakan bantuan tenaga listrik, seperti menggunakan komputer, mendinginkan ruangan, mencuci pakaian dengan mesin cuci, memasak dengan kompor induksi, menyalakan pompa air, menerangi rumah, dan lain-lain.

Menyadari bahwa energi listrik merupakan kebutuhan primer, PLN sebagai institusi penyedia listrik di negeri ini selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas dan layanan dalam rangka memenuhi penyediaan kebutuhan listrik untuk masyarakat.

Namun di balik itu semua, PLN juga membutuhkan usaha dan biaya yang tidak bisa dibilang remeh. Usaha dari mulai eksplorasi sumber energi, pembangkitan, penyaluran hingga sampai di tangan pelanggan tersebut tentu juga berbanding lurus dengan biaya finansial yang harus di tanggung.

Biaya tersebut salah satunya diperoleh dari pembayaran rekening listrik pelanggan. Besaran rekening listrik yang ditagihkan kepada pelanggan sesuai dengan pemakaian kwh pelanggan.
Petugas PLN, meski akhir pekan dan minggu tetap turun datangi konsumen dan mengimbau agar membayar tagihan tepat waktu. (Ist)
Justru itu, upaya-upaya yang dilakukan adalah dengan menurunkan tim-tim ke tempat pelanggan. Bahkan tim tersebut juga tetap bekerja di hari libur yaitu Sabtu dan Minggu.

Berdasarkan catatan PLN masih ada pelanggan yang belum melakukan pelunasan pembayaran rekening listrik di tahun 2019 ini.

Hal ini tentu saja akan mengganggu kinerja PLN dan mempengaruhi kualitas layanan kepada masyarakat.

Terkait itu, PLN menghimbau pelanggan untuk membayar rekening listrik tepat waktu.

Dalam mempermudah pembayaran rekening listrik pelanggan, PLN telah membuka banyak saluran pembayaran yang memudahkan masyarakat.

PLN telah bekerjasama dengan berbagai Bank, Payment Point Online Bank (PPOB) dan berbagai e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain.

Pembayaran rekening listrik dapat dilakukan setiap awal bulan sebelum tanggal 20 setiap bulannya.

Apabila pelanggan terlambat membayar tagihan listriknya, pelanggan akan dikenakan sanksi berupa pemutusan sementara yang disertai dengan biaya keterlambatan.
Seorang petugas PLN, sedang melakukan pemutusan meter listrik pelanggan yang telat bayar. (Ist)
Kemudian, jika pelanggan tidak membayar tagihan listriknya dalam kurun waktu lebih dari 2 (Dua) bulan maka akan dilakukan pembongkaran rampung.

Jika terjadi pemutusan sementara, penyambungan listrik pelanggan kembali dapat dilakukan jika pelanggan telah melunasi tunggakan atau tagihan listriknya.

Namun jika terjadi pembongkaran rampung, maka pelanggan baru dapat menikmati listrik kembali jika sudah melunasi tunggakan dan membayar ulang biaya pasang baru.

Untuk info lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123 (kode area) 123 jika melalui Telepon seluler atau 123 jika melalui saluran telepon biasa, dan pelanggan juga dapat menghubungi PLN melalui website www.pln.co.id atau melalui akun sosial media seperti Twitter @pln123, facebook PLN 123 atau instagram @pln123_official.
Petugas PLN, sedang memberi penjelasan terhadap pelanggan agar bayar tepat waktu. (Ist)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar