Bencana alam terjadi di 13 lokasi di wilayah hukum Polres Bukittinggi, berikut titiknya

id banjir bukittinggi,polres bukittinggi,bencana alam di sumbar

Bencana alam terjadi di 13 lokasi di wilayah hukum Polres Bukittinggi, berikut titiknya

Warga melihat jalan terban di Jalan By Pass Bukittinggi yang menyebabkan terperosoknya seorang warga dan ditemukan tewas, Jumat (20/12). (ANTARA/ Ira Febrianti)

Bukittinggi (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, menyebutkan hujan deras yang mengguyur wilayah Bukittinggi dan sekitarnya pada Kamis (19/12) malam menyebabkan terjadinya bencana alam di 13 lokasi yang berada di wilayah hukum lembaga tersebut.

Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso di Bukittinggi, Jumat, mengatakan sampai pukul 12.00 WIB lokasi yang terdampak bencana alam tersebut tersebar di Bukittinggi dan Kabupaten Agam di Kecamatan Baso, IV Koto dan Palupuh.

Di 13 lokasi itu bencana yang terjadi akibat hujan deras yaitu jalan terban, banjir dan longsor. Di lokasi jalan terban dan longsor, hingga Jumat sore personel kepolisian bersama pemangku kepentingan terkait dan warga masih di lokasi untuk melakukan pembersihan.

Akibat longsor, untuk kondisi yang cukup parah masih dilakukan pembersihan dan lalu lintas terhambat karena diberlakukan sistem buka tutup dan pembersihan masih dilanjutkan.

Berikut titik longsor yang terjadi di wilayah Polres Bukittinggi:

1. Kelok Cindua Jalan Nagari Binuang Kecamatan IV Koto, Agam, material longsor berupa pohon tumbang menutupi badan jalan

2. Batang Palupuh Kecamatan Palupuh, Agam, pohon tumbang menutupi badan jalan.

3. Kecamatan Koto Tinggi Kecamatan Baso, Agam, longsor menutupi badan jalan

4. Simarosok, Kecamatan Baso, Agam, longsor menyebabkan tiga dapur rumah warga rusak

5. Jorong Koto Gadang Nagari Persiapan Koto Gadang Baso, Agam, longsor menutupi badan jalan

6. Sungai Landia, Kecamatan IV Koto, agam, longsor

7. Jorong Sianok, kecamatan IV Koto, Agam, longsor

8. Jorong Bukit Apit, Nagari Padang Tarok kecamatan Baso, longsor

9. Jalan By Pass Gulai Bancah Bukittinggi, jalan terban menyebabkan seorang warga terperosok dan ditemukan meninggal dunia

10. Jorong Ladang Hutan Koto Tinggi, Baso, longsor

Kemudian dua titik banjir dan genangan air di Bukittinggi yaitu di Kelurahan Campago Ipuh dan RS Ibnu Sina serta di Puskesmas Jorong Salasa Nagari Padang Tarok, Baso.

Berkaitan dengan musim hujan, ia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Jika berkendara, pengendara diimbau berhati-hati atau menghindari daerah yang rawan longsor.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar