Bank Nagari Padang Panjang kucurkan KUR Rp55,6 miliar

id Bank Nagari,Kredit Usaha Rakyat,Padang Panjang

Bank Nagari Padang Panjang kucurkan KUR Rp55,6 miliar

Pimpinan Cabang Bank Nagari Padang Panjang Zulheri. (ANTARA/ Ira Febrianti)

Padang Panjang (ANTARA) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat atau Bank Nagari Kantor Cabang Padang Panjang sudah mengucurkan dana kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp55,6 miliar selama 2018 dan 2019.

Pimpinan Cabang Bank Nagari Padang Panjang Zulhendri di Padang Panjang, Jumat, mengatakan pemanfaatan KUR didominasi sektor perdagangan diikuti pertanian dan perkebunan.

Ia menerangkan di 2018 masyarakat di wilayah Padang Panjang, Batipuh, Batipuh Selatan dan X Koto cukup meminati KUR sehingga alokasi yang semula berjumlah Rp20 miliar mengalami penambahan sekitar Rp5 miliar.

Selanjutnya hingga November 2019, tercatat serapan KUR sudah mencapai angka 90 persen.

Untuk pelayanan bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan KUR, di Padang Panjang tersedia dukungan dua unit kantor kas yang berlokasi di balaikota setempat dan RSUD Padang Panjang.

Promosi kepada masyarakat juga didukung oleh dua orang tenaga petugas kredit mikro, promosi ke instansi pemerintah, ke kelompok masyarakat dan memanfaatkan brosur yang disediakan di kantor cabang dan kantor kas.

KUR, menurutnya memang cukup memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan dukungan dana untuk kelanjutan usahanya dengan bunga rendah dan persyaratan mudah.

Setelah syarat administrasi diserahkan ke kantor cabang, maka akan diproses dan disurvei petugas penyalur dalam waktu yang tidak lama jika syarat terpenuhi.

Penyaluran KUR juga menjadi bentuk komitmen Bank Nagari mendukung terus bergeraknya ekonomi masyarakat sekaligus edukasi bagi masyarakat untuk mengenal dan memanfaatkan produk perbankan.

"Di tahun depan kami berharap sekaligus optimistis serapan KUR bisa lebih meningkat lagi seiring menggeliatnya ekonomi karena Pasat Pusat Padang Panjang masih terus dibenahi oleh pemerintah daerah," katanya.