Ingin hadirkan lingkungan yang baik bagi masyarakat, Payakumbuh tanam 1000 bibit pohon di sepanjang Batang Agam

id Batang Agam,Penanaman Pohon,Festival Batang Agam,Riza Falepi

Ingin hadirkan lingkungan yang baik bagi masyarakat, Payakumbuh tanam 1000 bibit pohon di sepanjang Batang Agam

Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Riza Falepi saat menyiram tanaman yang baru ditanamnya di Sungai Batang Agam, Rabu (18/12). (Antara/Akmal Saputra)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat melaksanakan penanaman 1000 bibit pohon di sepanjang Sungai Batang Agam, Rabu.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di Batang Agam, Rabu, mengatakan penanaman 1000 bibit pohon tersebut bentuk keseriusan pemerintah untuk bisa menghadirkan lingkungan yang baik bagi masyarakat.

Penanaman 1000 pohon di sepanjang sungai Batang Agam bersama komunitas pecinta sungai.

Ia mengatakan Pemkot Payakumbuh akan terus memberikan perhatian dengan urusan lingkungan, karena itu pihaknya akan terus nyinyir terkait hal tersebut.

"Salah satunya untuk urusan sampah, sampai saat ini masih ada yang buang sampah di sungai, harapan kita di tahun 2020 nanti Payakumbuh sudah bisa menekan penggunaan plastik sebagai wujud dan komitmen Payakumbuh dalam upaya pelestarian alam," sebutnya.

Dalam kesempatan yang bertepatan dengan peresmian Festival Batang Agam tersebut juga dihadiri langsung Duta Lingkungan Hidup Olivia Zalianti.

Riza mengatakan Festival Batang Agam tersebut memiliki beberapa kegiatan seperti arung jeram, penanaman 1000 bibit pohon, water parade, open turnamen panahan, skateboard, kontes burung berkicau, dan kontes tanaman hias.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh, Dafrul Pasi, mengatakan pemkot setempat akan menargetkan ada 10.000 bibit pohon yang ditanam di tahun 2019 ini. Dalam mencapai itu, Pemkot Payakumbuh juga akan membagikan bibit tanaman ke masyarakat.

"Target kita itu, satu rumah minimal akan ditanami satu bibit pohon. Nanti penyalurannya bisa melalui LPM atau kelurahan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Olivia Zalianti mengatakan penanaman yang dilakukan Pemkot Payakumbuh merupakan bentuk kepedulian kepada lingkungan dalam menjaga dan melestarikannya demi kehidupan anak cucu kelak di masa yang akan datang.

"Kita tidak ingin anak cucu kita nanti berebut sehelai daun demi menghirup oksigen," ujar dia.