Rencana dihadiri Presiden Jokowi, Padang ingin jadi lokasi pembukaan Penas Tani

id berita padang, berita sumbar, penas tani, penas tani 2020, padang, padang pariaman

Rencana dihadiri Presiden Jokowi, Padang ingin jadi lokasi pembukaan Penas Tani

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, SumateraBarat berharap pembukaan dan penutupan Pekan Pekan Nasional Petani Nelayan 2020 digelar di daerah itu karena sudah melakukan persiapan sejak awal.

"Karena lokasinya sudah siap di area kompleks Kantor Balai Kota Padang dengan lahan yang lumayan luas, kami berharap lokasi pembukaan dilaksanakan di sini," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat di Padang, Rabu.

Menurut dia usai dipindahkan lokasi Penas Tani dari Padang ke Padang Pariaman, pada 17 Desember 2019 digelar pertemuan di Kantor Kementerian Pertanian di Jakarta dengan Sekjen Kementan Momon Rusmon dan jajaran terkait.

Pertemuan dihadiri Wali Kota Padang Mahyeldi, Kepada Bappeda Padang Medi Iswandi, Kepala Bappeda Kabupaten Padang Pariaman Ali Amran , Kepala Dinas Pertanian Padang Pariaman Yurisman Yacub yang difasilitasi Asisten II Pemprov Sumbar Beny Warlis dan Kepala Dinas Pertanian Hortikultura dan Perkebunan Sumbar Candra.

Ia menyampaikan pada pertemuan tersebut disepakati semua pihak sepakat menyukseskan Penas Tani 2020 yang akan digelar di Sumbar.

"Terkait lokasi diambil jalan tengah dan dibagi dua yaitu di Padang dan Padang Pariaman," kata dia.

Ia merinci dari hasil pertemuan tersebut disepakati upacara pembukaan, penutupan dan apresiasi serta temu wicara yang akan dihadiri presiden disepakati di Padang Pariaman.

Rembuk utama dan madya, temu profesi, temu petani ASEAN dan penyuluh di Padang karena gedung pertemuan serta hotel dengan kapasitas hingga 3.000 orang ada di Padang.

Selanjutnya pameran pembangunan pertanian dan perikanan, ekspo aqua culture, kontes ternak, ekpo kontes hortikultura, temu usaha agribisnis di Padang Pariaman.

Lalu gelar teknologi, temu teknologi, temu karya, studi banding di Padang Pariaman.

Selanjutnya karya wirausaha petani dan nelayan, out bond, seni budaya digelar di Padang dan Padang Pariaman.

Temu teknis , rapat pimpinan Kementerian Pertanian, Lingkungan Hidup, Perikanan di Padang dan kesekretariatan di Padang Pariaman

Akan tetapi Syahrial menyampaikan dalam dua hari ini akan digelar rapat final pembagian lokasi antara Wali Kota Padang dengan Bupati Padang Pariaman yang difasilitasi Asisten II Pemprov Sumbar.

Ia berharap pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan terbaik sehingga Penas Tani bisa sukses terlaksana.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar