Satpol PP Pariwisata Pariaman bakal kendarai motor listrik, kampanyekan kendaraan hemat energi

id Motor Listrik,Satpol PP Pariwisata Pariaman,Genius Umar,Pantai Gandoriah,Pariwisata Pariaman

Satpol PP Pariwisata Pariaman bakal kendarai motor listrik, kampanyekan kendaraan hemat energi

Seorang warga sedang melihat dan menaiki motor listrik yang dipamerkan oleh PLN pada Nusantara Expo 2019 yang dilaksanakan dari 10 hingga 14 Desember untuk memeriahkan Hari Nusantara yang diselenggarakan di Kota Pariaman, Sumbar. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Pariaman  (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Sumatera Barat, mencanangkan melengkapi anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pariwisata setempat dengan motor listrik yang digunakan ketika mengawasi sejumlah objek wisata di daerah itu.

"Kami sedang negosiasi dengan pihak PLN terkait pengadaannya," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Senin.

Rencana tersebut timbul ketika pihak PLN memamerkan kendaraan motor listrik saat pelaksanaan Nusantara Expo yang berlangsung mulai dari 10 hingga 14 Desember 2019 guna memeriahkan Hari Nusantara yang diselenggarakan di Kota Pariaman.

Pada saat itu pengunjung dapat mencoba menggunakan motor listrik untuk merasakan kenyamanan saat mengendarainnya.

Ia mengatakan melengkapi Satpol PP Pariwisata dengan motor listrik tersebut bertujuan untuk mengkampanyekan penggunaan kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan ke warga setempat dan wisatawan di daerah itu.

"Kami ingin warga Kota Pariaman menggunakan kendaraan ramah lingkungan," katanya.

Sejalan dengan itu, lanjutnya pada November lalu pihaknya telah mengeluarkan surat perintah yang ditujukan kepada seluruh aparatur sipil negara di daerah itu untuk menggunakan sepeda ke kantor.

Tujuannya, kata dia untuk menciptakan Kota Pariaman yang sehat dan hijau serta pihaknya akan mendeklarasikan sebagai kota bersepeda.

Oleh karena itu ia mengimbau warga dan terutama siswa di daerah itu untuk lebih sering menggunakan sepeda dari pada sepeda motor.

Sebelumnya Nusantara Expo 2019 yang diselenggarakan di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman guna memeriahkan Hari Nusantara menghadirkan sejumlah produk kerajinan daerah di Indonesia dan hasil kinerja kementerian serta BUMN.

"Banyak kementerian datang untuk mendukung lancarnya kegiatan peringatan Hari Nusantara," kata Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sumbar Benny Warlis saat sambutan pada pembukaan Nusantara Expo 2019 di Pariaman.

Tidak hanya itu, lanjutnya peserta Nusantara Expo berasal dari berbagai daerah di Indonesia guna mempromosikan produk yang dimiliki.