Dinsos: Karang Taruna jadi solusi penyandang masalah kesejahteraan sosial

id Karang Taruna

Dinsos: Karang Taruna jadi solusi penyandang masalah kesejahteraan sosial

Pelantikan pengurus Karang Taruna Lubuk Kilangan masa bakti 2019-2024 di Gedung Serba Guna Semen Padang Indarung (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Padang berharap agar program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang dijalankan Karang Taruna menjadi solusi bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kota Padang.

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kota Padang, Adriati saat melantik Ketua Karang Taruna Lubuk Kilangan di Padang, Sabtu mengatakan Karang Taruna harus bekerja dengan maksimal menjalankan 26 tugas pokok lainnya seperti masalah kesejahteraan sosial.

Menurut dia persoalan sosial yang terjadi seperti fakir miskin, pengangguran, pendampingan terhadap anak-anak yang terlibat persoalanhukum, baik sebagai pelaku maupun korban.

Ia berharap Ketua Karang Taruna Lubuk Kilangan beserta pengurus yang baru dapat mengemban tugas yang sudah menanti.

"Karang Taruna merupakan mitra Dinas Sosial dan menjadi ujung tombak bagi dalam menghadapi masalah kesejahteraan sosial, " katanya

Sementara itu Camat Lubuk Kilangan yang diwakili Kasi Tata Pemerintahan Yandri mengatakan bahwa Karang Taruna sebagai tenaga penggerak pembangunan sosial, memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan kesejahteraan sosial masyarakat.

"Semoga melalui pelantikan Ketua Karang Taruna Lubuk Kilangan (Luki) periode 2019-2024 membuat Karang Taruna bermanfaat bagi Kecamatan Lubuk Kilangan terutama pada pembentukan jiwa sosial dalam meningkatkan pembangunan menuju kesejahteraan sosial masyarakat," katanya.

Selain itu dirinya berharap Karang Taruna, dapat meningkatkan segala potensi dan berperan serta melalui koordinasi, kolaborasi, komunikasi, serta bekerjasama dan bersinergi dengan seluruh organisasi kepemudaan di kecamatan tersebut

Ketua Karang Taruna Lubuk Kilangan Zalvenus mengatakan akan memaksimalkan tugas pokok Karang Taruna dan siap untuk terus menjadi mitra Pemerintah Kecamatan Lubuk Kilangan dalam pembangunan kesejahteraan sosial.

Menurut dia Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja dalam berbagai bidang baik bidangsosial, ekonomi, olahraga, keterampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

"Kita ingat sejarah pernah mengajarkan pemuda harus memiliki semangat juang yang tinggi bagi pembangunan masa depan bangsa dan nagari. Pemuda hari ini adalah pemimpin di hari esok," katanya.

Ia mengatakan pemuda-pemudi Karang Taruna Lubuk Kilangan harus menghindari lima kelemahan, yakni lemah harta, lemah fisik, lemah ilmu, lemah semangat hidup dan yang sangat ditakutkan adalah lemah akhlak.

"Insya Allah kami Karang Taruna bukanlah orang yang termasuk lemah dalam kelima hal tersebut. Kami semua punya semangat hidup yang tinggi dan berakhlak dan siap untuk mewujudkan pemuda-pemudi yang agresif, inovatif, dan produktif," kata dia

Zulvenus sendiri dilantik menjadi Ketua Karang Taruna Lubuk Kilangan beserta pengurus dalam masa bakti periode 2019-2024 di Gedung Serba Guna Semen Padang Indarung, Sabtu (14/12)

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar