Pesisir Selatan bantu pelajar kurang mampu Rp1,5 miliar

id bantuan sekolah,hendrajoni,pemkab pesisir selatan

Pesisir Selatan bantu pelajar kurang mampu Rp1,5 miliar

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyerahkan paket bantuan secara simbolis di Kecamatan Bayang. (ANTARA / ist)

​​​​​​​Painan  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengalokasikan bantuan sebesar Rp1,5 miliar untuk membantu pelajar setempat yang berasal dari keluarga berekonomi kurang mampu.

"Dengan alokasi bantuan Rp1,5 miliar tersebut kami menyiapkan paket bantuan untuk 2.824 pelajar," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, usai menyerahkan paket bantuan secara simbolis di Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan, Jumat.

Ia menambahkan, satu paket bantuan terdiri dari sepatu, pakaian merah putih untuk SD, putih biru untuk SMP serta pakaian pramuka, tas, topi dan dasi.

Dirinya mengakui bahwa 2.824 paket yang dibagikan belum menyentuh semua siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, namun setidaknya sudah meringankan sebagian dari mereka.

"Tahun depan kegiatan ini kembali digelar sehingga pelajar-pelajar di Pesisir Selatan semangat menuntut ilmu di sekolahnya masing-masing," kata dia.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Suhendri mengungkapkan, pelajar penerima paket bantuan sebanyak 2.824 itu terdiri dari 1.424 pelajar SD dan 1.400 pelajar SMP.

Khusus di Kecamatan Bayang, jumlah penerima untuk SD sebanyak 114 pelajar dan 77 pelajar untuk tingkat SMP.

Ermida (40) orang tua dari pelajar penerima paket bantuan, menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah menganggarkan bantuan guna membantu pelajar dari keluarga kurang mampu.

Ia mengaku biasanya setiap awal tahun ajaran, dirinya agak sulit mencari biaya untuk membeli berbagai keperluan sekolah anaknya seperti membeli sepatu baru, tas dan lainnya.

"Alhamdulillah tahun ini kami tidak memikirkan itu lagi karena ada paket bantuan yang disiapkan pemkab, uang yang ada bisa dimanfaat untuk membeli sembako," sebutnya. (*)