Harapan Gubernur Sumbar di LKBN Antara ke-82

id HUT Antara,Antara Sumbar,antara media pencerah

Harapan Gubernur Sumbar di LKBN Antara ke-82

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap LKBN Antara bisa tumbuh menjadi "media pencerah" yang memberikan manfaat kepada masyarakat, bukan sekadar mengejar berita bombastis.

"Kantor Berita Antara harus bisa tumbuh menjadi media yang memberikan kesejukan dan mencerdaskan dengan menyajikan berita bernas dan seimbang," katanya di Padang, Kamis (12/12).

Ia mengatakan hal itu terkait Hari Ulang Tahun Ke-82 LKBN Antara yang jatuh pada Jumat, 13 Desember 2019.

Irwan mengatakan saat ini banyak bermunculan media massa terutama berbasis daring yang sebagian tidak jelas kredibilitasnya. Berita yang disajikan juga terkesan bombastis, tanpa mempertimbangkan akibat dari pemberitaan yang dibuat.

Sebagian lagi tumbuh menjadi penyebar hoaks yang bahkan sampai mengadu domba sehingga mengakibatkan perpecahan di tengah masyarakat.

Ia berharap LKBN Antara bisa menjadi "pencerah", sumber informasi yang terpercaya terutama untuk kebijakan-kebijakan pemerintah sehingga masyarakat tidak mudah terhasut informasi bohong yang banyak beredar di media sosial.

Selama ini ia menilai LKBN Antara sudah mengambil peran itu dengan menyajikan berita yang berimbang. Namun dalam revolusi 4.0 yang semakin bergerak menuju era digital, Antara harus meningkatkan peran tersebut.

Sementara itu Kepala LKBN Antara Biro Sumbar, Maswandi mengutarakan selama ini lembaganya selalu berusaha untuk menjadi media yang mengedepankan kode etik jurnalistik dalam setiap produk berita yang dihasilkan.

Prinsip cover both side diupayakan menjadi pegangan terutama untuk berita yang bersifat kontrol sosial.

"LKBN Antara juga memainkan peran sebagai jembatan informasi antara kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah dengan masyarakat," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar