Bank Nagari sosialisasi PP kredit cicilan uang

id Bank Nagari, BPD, kredit, sumatera barat, padang

Bank Nagari sosialisasi PP kredit cicilan uang

Pimpinan Bank Nagari Tapan foto bersama para wali nagari usai penandatangan kerjasama KCU. (Ist)

Pesisir Selatan (ANTARA) - Manajemen Bank Nagari menyosialisasikan Peraturan Pelaksana (PP) Kredit Cicilan Uang (KCU) kepada perangkat nagari di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kegiatan yang digelar di UDKP Kantor Camat Linggo Sari Baganti, Kamis, diikuti oleh 95 nagari dari Kecamatan

Lengayang hingga Silaut terdiri Walinagari dan Sekretaris Nagari.

Kegiatan ini berkerjasama dengan Badan Pemberdayaan Mayarakat, Pemerintahan Nagari, Pengendalian Penduduk dan KB (BPMP2KB) Pesisir Selatan.

Pada kegiatan itu sekaligus Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) penyaluran gaji melalui Rekening Tabungan.

Pimpinan Cabang Bank Nagari Tapan Heri Fitrianto mengungkapkan sosialisasi ini juga telah dilaksanakan kepada Perangkat Nagari Kecamatan Koto XI Tarusan hingga Nagari Sutera di Bappedalitbang Selasa, 10 Desember 2019.

Pada kesempatan ini diterangkan sasaran pemberian kredit

nantinya yaitu perorangan yang bekerja/bertugas sebagai perangkat desa atau perangkat nagari yang gajinya dibayarkan melalui rekening tabungan pada PT. Bank Pembangunan Daerah atau Bank Nagari Sumatera Barat.

"KCU ini diberikan kepada perangkat Desa/Nagari yang terdiri dari Sekretaris Desa/Nagari, Pelaksana Kewilayahan dan Pelaksana Teknis yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan. Gaji dibayarkan melalui rekening tabungan debitur di PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat," ujarnya.

Ia menjelaskan, dokumen yang harus disiapkan pada aplikasi permohonan kredit yangbdisediakan oleh Bank, copy KTP, KK & Slip Gaji Terakhir, Asli SK Pengangkatan sebagai perangkat desa/nagari, copy NPWP, surat Kuasa Pendebetan Rekening Tabungan, Surat Kuasa Memotong Gaji dan Pernyataan

debitur mengenai pembayaran Gaji.

"Maksimal plafond angsuran kredit tidak boleh melebihi 30% dari jumlah gaji/penghasilan bersih yang diterima debitur setiap bulan. Plafond dibatasi setinggi-tingginya Rp50.000.000,- walaupun dari hasil perhitungan melebihi Rp50.000.000,-.Dengan jangka waktu kredit maksimal

5 tahun dan jangka waktu kredit tidak boleh melewati usia 60," terangnya.

Nanti pinjaman bersifat berjangka (term loan) yang diberikan dengan jumlah dan waktu yang telah ditentukan, bersifat non revolving atau tidak berulang ulang dan diberikan dengan 1 (satu) Perjanjian Kredit (PK). Dengan bunga yang ringan.

"Setiap bulannya pokok dan bunga dibayar sesuai dengan daftar angsuran kredit. Jadwal pembayaran angsuran kredit paling lambat pada tanggal valuta di bulan berikutnya setelah realisasi kredit. Pembayaran angsuran dilakukan secara afiliasi dari rekening tabungan debitur," ujarnya.

Heri menambahkan syarat lain yang harus dipenuhi oleh debitur yaitu bersedia menyediakan saldo dalam rekening tabungan sebesar 3 (tiga) kali angsuran bulanan sebagai tabungan wajib yang tidak dapat ditarik sampai kredit secara tertulis dinyatakan Lunas oleh Bank.

Tabungan wajib dapat dipergunakan sebagai pembayaran angsuran kredit jika debitur pada waktu yang telah ditentukan belum melakukan pembayaran.

Tabungan wajib yang digunakan untuk angsuran kredit, wajib diganti oleh debitur pada saat penerimaan gaji berikutnya sehingga saldo terjaga sebesar 3 (tiga) kali angsuran.

Debitur wajib menjaga saldo tabungan sebesar angsuran bulanan di luar tabungan wajib sampai tanggal pemotongan angsuran sejak gaji diterima.

Rekening tabungan penerimaan gaji, afiliasi angsuran kredit dan realisasi kredit adalah rekening tabungan yang sama pada Kantor Cabang Pemberi Kredit.
Pimpinan Bank Nagari Tapan foto bersama para wali nagari foto bersama dengan peserta usai penandatangan kerjasama KCU. (Ist)
Hadir pada kegiatan ini Kepala Badan Pemberdayaan Mayarakat,Pemerintahan Nagari, Pengendalian Penduduk dan KB(BPMP2KB) Pessel,Pincapem Air Haji Ofriandi, Pincapem Inderapura Youngky Antonio, Pincapem Silaut Syaiful

Anwar, Pinsi Kredit Tapan Bayu Saputra.

"Allamdulilah penandatangan PKS Pembayaran gaji Nagari melalui Rekening seluruh Nagari di Wilayah Kantor Cabang Tapan telah dilaksanakan yang disaksikan Kepala BPMP2KB Hamdi Kejari Balai Selasa dan Pincapem Silaut, Air Haji dan Inderapura, Walinagari dan Sekretaris nagari dari

Kecamatan Lengayang hingga Silaut," ujarnya.