BPJS Kesehatan Cabang Solok hadirkan pelayanan lebih dekat melalui MCS

id BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Cabang Solok hadirkan pelayanan lebih dekat melalui MCS

Salah satu peserta JKN KIS saat sedang memperoleh layanan di mobil costumer service yang berhenti di Puskesmas Tanjung Paku, Kamis. (Antara sumbar/ Tri Asmaini)

Solok (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Solok, Sumatera Barat, menghadirkan pelayanan lebih dekat ke masyarakat melalui Mobil Costumer Service (MCS) di Puskesmas Tanjung Paku, Kamis.

"Jadi kami membawa mobil costumer service (MCS) setiap harinya berbeda-beda tempat untuk memberi layanan tentang kepesertaan JKN KIS bagi masyarakat secara langsung," kata Kepala BPJS Kesehatan Solok, Rizka Adhiati melalui Frontliner staf kepesertaan, Fauziah Haryani di Solok, Kamis.

Menurutnya, mobil costumer service juga ada memberikan pelayanan di wilayah lain dalam wilayah Kantor BPJS Kesehatan Cabang Solok.

Ia menyebutkan program ini sebagai bentuk jemput bola langsung ke masyarakat sehingga mereka lebih mudah terjangkau.

Pihaknya memberikan berbagai pelayanan seperti pendaftaran baru, perubahan data, mencetak kartu, dan registrasi mobile JKN.

Menurutnya, pada hari ini puluhan orang telah berinteraksi dengan MCS dan sekitar 20 orang memperoleh pelayanan.

Dengan MCS, masyarakat tidak perlu mengantre lama seperti di kantor, dan pelayanan lebih cepat.

"Masyarakat ada yang melakukan perubahan data seperti pindah Fasilitas kesehatan (faskes), cetak kartu, atau meminta turun kelas JKN-KIS," ujarnya.

Menurutnya, karena penyesuaian iuran JKN-KIS sesuai Perpres 75/2019 tentang penyesuaian iuran JKN-KIS. Dari 9 Desember 2019 hingga April 2020, masyarakat bisa mengajukan turun kelas pelayanan kesehatan. Hal tersebut untuk meminimalisir peseta menunggak.

"Jadi, masyarakat tidak terbebani lagi membayar iuran BPJS, karena bisa meminta turun kelas dengan persyaratan yang berlaku," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk merubah kelas pelayanan kesehatan, masyarakat harus membawa KTP, KK, kartu BPJS, kartu auto debet (atm).

Pihaknya juga menerima keluhan dan pengaduan masyarakat jika terkendala sewaktu membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Kami edukasi juga mereka, jika kepesertaan JKN-KIS bersifat wajib, yang sifatnya dengan gotong- royong. Jadi iurannya jangan sampai menunggak," ujarnya.

Sementara salah satu peserta Syanin menyebutkan sangat terbantu dengan adanya pelayanan MCS sehingga tidak menghabiskan waktu untuk antri di kantor.

"Saya kan jam kerjanya sampai sore, jadi sulit izin untuk ke Kantor BPJS langsung. Untung ada MCS, jadi tidak terlalu lama mengurus JKN-KIS," sebutnya.

Wilayah BPJS Kesehatan Cabang Solok, meliputi Kota Solok, Sawahlunto, Kabupaten Solok, Sijunjung, Dharmasraya, dan Solok Selatan.