Ini daftar tim yang sudah lolos 32 besar Liga Europa dan calon penyusulnya

id liga europa,grup liga europa,32 besar liga europa

Ini daftar tim yang sudah lolos 32 besar Liga Europa dan calon penyusulnya

Gapura bersematkan logo Liga Europa jelang salah satu pertandingan kompetisi antarklub Eropa kasta kedua tersebut di Stadion Celtic Park, Glasgow, Skotlandia, pada 28 November 2019. (ANTARA/AFP/Andy Buchanan)

Jakarta, (ANTARA) - Rangkaian pertandingan pemungkas penyisihan grup Liga Europa bakal digelar pada Jumat (13/12) dini hari WIB dan memperebutkan 11 tiket tersisa menuju babak 32 besar.

Sebanyak 21 tim telah memastikan satu tempat di babak 32 besar, termasuk delapan tim yang turun kasta karena cuma menempati peringkat ketiga penyisihan grup Liga Champions.

Delapan tim tersebut adalah Club Brugge, Olympiakos, Shakhtar Donets, Bayer Leverkusen, Red Bull Salzburg, Inter Milan, Benfica dan Ajax.

Sementara itu, di antara 12 grup Liga Europa, lima grup sudah memastikan dua tim yang lolos ke babak 32 besar yakni Grup A, D, I, K dan L.

Sevilla dan Apoel FC sudah lolos dari Grup A, Sporting CP dan LASK dari Grup D, Gent dan VfL Wolfsburg dari Grup I, Braga dan Wolverhampton dari Grup K sudah dilewati Manchester United dan AZ Alkmaar.

Dengan demikian, dalam 24 pertandingan yang akan dilangsungkan pada Jumat (13/12) dini hari WIB, terdapat 19 tim yang masih berpeluang untuk merebut satu dari 11 tiket tersisa untuk fase gugur Liga Europa.

Berikut adalah skenario kelolosan tim-tim ke babak 32 besar Liga Europa (berdasarkan grup dan posisi klasemen sementara):

Grup B

Tim yang sudah lolos: belum ada

Tim yang masih berpeluang lolos: FC Copenhagen, Malmo FF & Dynamo Kiev

Klasemen sementara



Skenario kelolosan:

- Copenhagen lolos jika menang atau imbang melawan Malmo. Copenhagon juga masih bisa lolos jika kalah dari Malmo, asalkan Dynamo tidak menang atas Lugano di laga lain.

- Malmo wajib menang atas Copenhagon untuk lolos. Jikapun main imbang atau kalah melawan Copenhagen, Malmo tetap bisa lolos asalkan Dynamo tidak menang atas Lugano.

- Dynamo tidak cuma butuh kemenangan atas Lugano untuk lolos, tetapi juga Malmo gagal mengalahkan Copenhagen di laga lain.

Bek Lazio Luiz Felipe (kiri) berebut bola udara dengan gelandang serang Rennes Adrien Hunou dalam pertemuan pertama kedua tim di penyisihan Grup E Liga Europa di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Kamis (3/10/2019). (ANTARA/AFP/Tiziana Fabi)

Grup C

Tim yang sudah lolos: Basel

Tim yang masih berpeluang lolos: Getafe & FC Krasnodar

Klasemen sementara



Skenario kelolosan:

- Getafe hanya butuh hasil imbang kontra Krasnodar untuk lolos, sebab mereka punya keunggulan head-to-head dibanding klub Rusia itu.

- Krasnodar harus menang atas Getafe untuk bisa lolos.

Grup E

Tim yang sudah lolos: Celtic

Tim yang masih berpeluang lolos: CFR Cluj & Lazio

Klasemen sementara



Skenario kelolosan:

- Cluj hanya butuh hasil imbang kontra Celtic untuk bisa lolos, tak peduli hasil laga lain.

- Lazio wajib menang atas Rennes untuk lolos ditambah Celtic mampu mengalahkan Cluj di laga lain.

Bek Arsenal Kieran Tierney (kanan) beradu mulut dengan pemain Standard Liege Mergim Vojvoda dalam pertemuan pertama kedua tim di penyisihan Grup F Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris, Kamis (3/10/2019). (ANTARA/AFP/Glyn Kirk)


Grup F

Tim yang sudah lolos: belum ada

Tim yang masih berpeluang lolos: Arsenal, Eintracht Frankfurt & Standard Liege

Klasemen sementara



Skenario kelolosan:

- Arsenal hanya butuh hasil imbang kontra Standard untuk lolos, tak terpengaruh hasil pertandingan lain. Arsenal bahkan bisa lolos walaupun kalah dari Standard, asalkan di laga lain Frankfurt gagal mengalahkan Vitoria.

- Frankfurt lolos jika menang atas Vitoria tak peduli hasil laga lain. Frankfurt juga tetap lolos misalkan imbang atau kalah kontra Vitoria, asalkan Standard gagal menang melawan Arsenal.

- Standard wajib menang atas Arsenal untuk lolos dan di laga lain Frankfurt kalah melawan Vitoria.

- Arsenal, Frankfurt dan Standard bisa saja berakhir dengan raihan poin yang sama yakni 10, jika itu terjadi penentuan urutan akan ditentukan secara head-to-head antara ketiga tim dengan faktor pembeda berupa poin head-to-head, jumlah total gol head-to-head dan gol tandang head-to-head.

Grup G

Tim yang sudah lolos: belum ada

Tim yang masih berpeluang lolos: Rangers, Porto, BSC Young Boys & Feyenoord

Klasemen sementara



Skenario kelolosan:

- Rangers lolos jika menang atau imbang melawan Young Boys, tak terpengaruh hasil laga lain. Jika kalah sekalipun Rangers masih bisa lolos asalkan di laga lain Porto diimbangi Feyenoord. Rangers punya keunggulan head-to-head atas Porto.

- Porto lolos jika menang atas Feyenoord, tak peduli hasil laga lain. Porto juga lolos jika main imbang asalkan di laga lain Young Boys diimbangi Rangers. Porto punya keunggulan head-to-head atas Young Boys.

- Young Boys wajib menang atas Rangers untuk lolos tanpa terpengaruh hasil laga lain. Young Boys juga bisa lolos jika main imbang lawan Rangers dan di laga lain Porto dikalahkan Feyenoord. Young Boys punya keunggulan head-to-head atas Feyenoord.

- Feyenoord hanya bisa lolos jika menang atas Porto dan di laga lain Young Boys dikalahkan Rangers.

Gelandang Ferencvaros Isael Barbosa (kiri) berduel dengan pemain Ludogorets Anicet Abel memperebutkan bola dalam pertemuan pertama kedua tim di penyisihan Grup H Liga Europa di Stadion Groupama Arena, Budapest, Hongaria, Kamis (3/10/2019). (ANTARA/AFP/Attila Kisbenedek)

Grup H

Tim yang sudah lolos: Espanyol

Tim yang masih berpeluang lolos: Ludogorets & Ferencvaros

Klasemen sementara



Skenario kelolosan:

- Ludogorets cuma butuh mengimbangi Ferencvaros untuk lolos.

- Ferencvaros wajib menang atas Ludogorets untuk lolos.

Grup J

Tim yang sudah lolos: belum ada

Tim yang masih berpeluang lolos: Borussia Moenchengladbach, AS Roma & Istanbul Basaksehir

Klasemen sementara



Skenario kelolosan:

- Gladbach cuma butuh main imbang melawan Basaksehir untuk lolos, tak terpengaruh hasil laga lain. Gladbach masih bisa lolos jika kalah melawan Basaksehir, asalkan di laga lain Roma kalah dari Wolfsberger.

- Roma cuma butuh imbang lawan Wolfsberger untuk lolos tanpa peduli hasil laga lain. Roma juga bisa lolos jika kalah melawan Wolfsberger, asalkan di laga lain Basaksehir diimbangi Gladbach. Roma punya keunggulan head-to-head atas Basaksehir.

- Basaksehir hanya bisa lolos dengan mengalahkan Gladbach terlepas dari hasil laga lain.
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar