XL Axiata prediksi trafik di Padang dan Bukittinggi melonjak saat libur akhir tahun

id XL Axiata ,Libur Natal,Libur Tahun Baru

XL Axiata prediksi trafik di Padang dan Bukittinggi melonjak saat libur akhir tahun

Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS di daerah Wisata Danau Toba, Samosir. (ANTARA/Istimewa)

Padang (ANTARA) - XL Axiata memprediksi lonjakan trafik data akan terjadi pada dua daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yaitu Kota Padang dan Bukittinggi, saat momen Natal dan libur akhir tahun.

"Selain Lebaran, libur panjang akhir tahun sejak adalah momen dimana trafik selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk Sumbar biasanya terjadi di Padang dan Bukittinggi," kata Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi, dalam keterangan pers yang diterima di Padang, Selasa.

Ia mengatakan salah satu faktor yang mempengaruhi pelonjakan trafik data itu adalah ramainya kunjungan ke lokasi wisata.

Karena hal tersebut pihaknya menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur tersebut.

Secara umum untuk wilayah Sumatera, pelonjakan trafik data diperkirakan meningkat hingga 15 persen dari hari biasa.

Sedangkan pada momen libur akhir tahun 2018, kenaikan trafik mencapai angka 22 persen.

Kenaikan trafik dipicu oleh penggunaan layanan berupa streaming video atau musik, instant messenger, permainan daring, peta digital, hingga akses media sosial.

Khusus untuk wilayah Kepulauan Riau, Riau, dan Sumatera Barat, XL Axiata telah memperkuat jaringan di sepanjang jalan Trans Sumatera yang menghubungkan ketiga provinsi.

Termasuk akses di bandara, pelabuhan, tempat objek wisata lokal, dan pusat-pusat perbelanjaan yang menjadi titik keramaian.

Ia mengatakan persiapan jaringan lainnya yang dilakukan adalah mengatur trafik internet ke arah upstream Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.

"Persiapan khusus telah kami lakukan untuk mengantisipasi pelonjakan trafik, sehingga pelanggan tetap terlayani dengan maksimal," katanya.