Apel Besar Pramuka, Nasrul Abit ajak 325.000 Pramuka jadi garda terdepan lawan narkotika

id Apel besar pramuka ,Nasrul Abit,Bahaya Narkoba,jenis-jenis narkoba

Apel Besar Pramuka, Nasrul Abit ajak 325.000 Pramuka jadi garda terdepan lawan narkotika

Ketua Kwarda 03 Pramuka Nasrul Abit, menandatangani deklarasi menolak penyalahgunaan narkotika, seks bebas, dan kenakalan remaja lainnya di Padang, Selasa. (Antara/Fathul Abdi)

Padang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) sekaligus Ketua Kwartir Daerah 03 Pramuka Nasrul Abit, mendorong para anggota pramuka menjadi garda terdepan dalam menolak serta melawan penyalahgunaan narkotika.

"Para anggota pramuka harus menjdi garda terdepan dalam melawan narkoba, karena hal itu (narkotika) adalah masalah besar dan banyak menyasar generasi muda," kata Nasrul Abit, di Padang, Selasa.

Hal itu dikatannya usai menggelar kegiatan Apel besar pramuka penegak dan pandega Kwarda 03 Sumbar, yang dihadiri ribuan anggota pramuka dari berbagai kabupaten atau kota di provinsi setempat.

Ia mengatakan ketika pramuka menjalankan peran menolak narkotika, maka akan menjadi suatu modal besar.

Mengingat jumlah anggota pramuka yang ada di Sumbar saat ini mencapai 325 ribu orang.

"Ketika semuanya setuju, maka ada 325 ribu orang yang menolak narkotika. Semangat itu pun masih bisa disebarkan ke keluarga, teman-teman atau lingkungan pergaulan lain," katanya.

Ia menyebutkan membentengi anak muda dari hal negatif adalah hal penting demi menyiapkan generasi penerus bangsa yang terbaik.

"Pramuka adalah organisasi yang tepat untuk membentuk karakter serta disiplin para anak muda," katanya.

Selain narkotika, pada kegiatan itu juga dideklarasikan penolakan terhadap seks bebas, tawuran, dan kenakalan remaja yang lain.

"Kita tidak membenci pelaku atau pun orangnya, yang dibenci adalah perilakunya agar tidak menular," jelasnya.

Pada bagian lain, ia juga berencana memasukkan program terkait kewirausahaan dan ekonomi kreatif bagi anggota pramuka. (*)