Nusantara Expo hadirkan produk kerajinan daerah di Indonesia

id Hari Nusantara,Nusantara Expo,Pantai Gandoriah,Pariaman

Nusantara Expo hadirkan produk kerajinan daerah di Indonesia

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (dua kanan) mengunjugi Nusantara Expo pada rangkaian Nusantara Expo yang dilaksanakan di Pariaman, Selasa. (Antara Sumbar/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Nusantara Expo 2019 yang diselenggarakan di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Sumatera Barat, guna memeriahkan Hari Nusantara menghandirkan sejumlah produk kerajinan daerah di Indonesia dan hasil kinerja kementerian serta BUMN.

"Banyak kementerian datang untuk mendukung lancarnya kegiatan peringatan Hari Nusantara," kata Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sumbar Benny Warlis saat sambutan pada pembukaan Nusantara Expo 2019 di Pariaman, Selasa.

Tidak hanya itu, lanjutnya peserta Nusantara Expo berasal dari berbagai daerah di Indonesia guna mempromosikan produk yang dimiliki.

Menurutnya hal tersebut dapat membantu mempromosikan Pariaman ke seluruh daerah di Indonesia apalagi daerah itu merupakan kota pariwisata.

Ia mengatakan peringatan Hari Nusantara perlu diselenggarakan guna menyampaikan kepada warga Indonesia dan dunia bahwa bangsa ini merupakan bangsa yang besar dan memiliki kekayaan alam yang melimpah.

"Sebelum Deklarasi Juanda mungkin orang hanya melihat tanah dan laut saja tidak dengan sumber dayanya, namun sekarang banyak potensi yang terlihat," katanya.

Pada Nusantara Expo tersebut dihadirkan sejumlah kerajinan tangan, aksesoris khas daerah, hingga kinerja kementerian dan BUMN serta kekayaan laut dari kementerian terkait.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan pihaknya merasa beruntung karena ditunjuk sebagai tuan rumah peringatan Hari Nusantara 2019.

"Hal ini dapat mendukung Pariaman sebagai Kota pariwisata," ujarnya.

Ia menjelaskan Hari Nusantara berawal dari peringatan Deklarasi Juanda yang menyatakan Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga tanah dan lautnya merupakan satu kesatuan.

Dengan adanya deklarasi tersebut laut antarpulau Indonesia bukan merupakan jalur internasional yang mudah dimasukui oleh kapal asing.

"Oleh karena itu peringatan Hari Nusantara ini harus diketahui oleh seluruh rakyat Indonesia," tambahnya.