UMKM pemula di Pariaman terima bantuan perlengkapan usaha

id pelaku usaha pariaman,berita pariaman,pariaman terkini,berita sumbar

UMKM pemula di Pariaman terima bantuan perlengkapan usaha

Sejumlah pelaku usaha pemula di Kota Pariaman, menerima bantuan peralatan memasak memeriksa perlengkapan bantuan yang diterima, Senin. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Pemerintah KotaPariaman, Sumatera Barat membagikan perlengkapan usaha makanan ringan untuk 120 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) pemula di daerah itu guna meningkatkan usaha mereka.

"Kami ingin menciptakan wirausaha-wirausaha baru di Pariaman sehingga sasaran bantuan yang kami bagikan untuk pemula," kataKepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Pariaman Gusniyetti Zaunit usai penyerahan bantuan di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan pelaku usaha tersebut tidak saja diberikan perlengkapan memasak namun juga pembinaan agar menghasilkan produk berkualitas sehingga memenuhi standar penjualan.

Ia menyampaikan pemenuhan standar tersebut tidak saja dari rasa dan bentuknya namun juga kemasan sehingga dapat menarik pembeli.

"Setidaknya 50 persen dari 120 palaku UMKM pemula tersebut menjadi pelaku usaha yang andal," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya akan terus membimbing pelaku usaha pemula tersebut dan membantu memasarkannya sehingga usahanya berkembang.

Ia merincikan adapun bantuan yang diberikan yaitu mulai dari perlengkapan masak di antaranya wajan dan pengiris hingga mesin perekat kemasan plastik.

Ia mengatakan sebelum mendapatkan bantuan tersebut pelaku usaha mengikatkemasan produknya dengan karet gelang atau membakar ujung kemasan plastik dengan api lilin sehingga terlihat tidak rapi.

Selain memberikan bantuan untuk pelaku UMKM pemula makanan ringan, lanjutnya pihaknya juga membagikan 33 mesin jahit untuk penjahit di daerah itu.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota PariamanLucyanel Genius mengharapkan dengan adanya bantuan tersebut maka dapat meningkatkan perekonomian warga di daerah itu.

"Kami pun akan membina pelaku usaha untuk meningkatkan produknya," ujarnya.

Ia menyampaikan pihaknya juga mempromosikan produk UMKM daerah itu dengan menggunakan produknya pada kegiatan-kegiatan serta mengikuti pemeran usaha di luar Kota Pariaman.

Sementara itu,salah seorang penerima bantuan tersebut Yulianis mengatakan ia baru membuka usaha semenjak satu bulan yang lalu.

"Selama itu saya menutup kemasan hanya dengan membakar ujungnya dengan api lilin," kata dia.

Namun, lanjutnya dengan bantuan perakat yang diberikan maka dapat mempercantik kemasan produknya sehingga menarik minat pembeli. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar